AGRESI II MELAWAN BELANDA

Kisah 'Perang Sosoh' di Desa Pedekik Bengkalis Difilmkan

Di Baca : 11640 Kali
Musrial Mustafa sutradara film Perang Sosoh Desa Pedekik Bengkalis Riau sedang memberi arahan kepada pemain film. (TA Devonny/Detak Indonesia.co.id)

Bengkalis, Detak Indonesia-- Peristiwa Perang Sosoh (perang berhadapan langsung) ini merupakan peristiwa yang terjadi pada tanggal 9 Januari 1949 di Desa Pedekik, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Untuk mengenang jasa para pahlawan pada peristiwa perang sosoh ini, para pemuda serta para tokoh masyarakat setempat yang berada di Desa Pedekik bersepakat untuk mengangkat peristiwa perang sosoh ini yang dikemas dalam suatu dokumentasi berupa film pendek yang berdurasi 10 sampai 15 menit. 

Film tersebut akan ditayangkan di Desa  setempat pada tanggal 19 Agustus 2018 mendatang, dimana pada hari tersebut merupakan hari Kenduri Kenegaraan bagi masyarakat setempat. Penayangan film tersebut untuk ditonton bersama-sama oleh masyarakat Bengkalis pada umumnya.

Pembuatan proses film pendek yang sudah berlangsung dari Minggu (5/8/2018) lalu diperkirakan akan rangkum sebelum tanggal (19/8/2018) yang akan datang. Selain untuk mengenang perjuangan para pahlawan, pembuatan film ini juga merupakan salah satu edukasi agar masyarakat Desa Pedekik khususnya tidak melupakan peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Desa Pedekik tersebut. Didalam proses pembuatan film pendek ini sangat disambut antusias oleh masyarakat setempat. 

Farhan pemuda Desa Pedekik Bengkalis Riau






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar