AGRESI II MELAWAN BELANDA

Kisah 'Perang Sosoh' di Desa Pedekik Bengkalis Difilmkan

Di Baca : 11668 Kali
Musrial Mustafa sutradara film Perang Sosoh Desa Pedekik Bengkalis Riau sedang memberi arahan kepada pemain film. (TA Devonny/Detak Indonesia.co.id)

Saat ditemui di lokasi syuting pada hari Selasa (7/8/2018), Farhan seorang pemuda Desa Pedekik mengatakan, pembuatan film perang sosoh ini merupakan salah satu cara untuk mengungkap kembali sejarah lama dalam rangka acara malam Kenduri Kenegaraan. Film pendek ini kita buat tujuannya adalah lebih kepada menggangkat lagi sejarah-sejarah lama yang ada di Kabupaten Bengkalis pada umumnya kemudian Desa Pedekik pada khususnya.

Film ini merupakan film sejarah, tragedi sejarah bahwa disinilah di Desa Pedekik pada perang Agresi II Belanda 1949 perang ini terjadi, dimana Belanda datang untuk mengambil wilayah Kabupaten Bengkalis pada masa itu. Maka di Desa Pedekik itu sendiri terjadi perang yang dinamakan Perang Sosoh. Para pemain di film ini kita ambil dari anak-anak muda, generasi muda sebagai pelakon utama. Kita akan memberikan edukasi sebenarnya, pengetahuan sejarah yang tidak kita dapatkan selama ini di bangku-bangku sekolah. 

Tentunya kami berharap film ini bisa sukses dan kami berharap ini bisa menjadi pengetahuan sejarah bagi seluruh masyarakat Bengkalis pada umumnya dan seluruh masyarakat Pedekik pada khususnya. Kemudian harapan kami lagi film ini menjadi penginggat kita semua bahwa di Desa Pedekik memang pernah terjadi perang Agresi II Belanda yang sesuai dengan kita berikan namanya tadi yaitu 'Perang Sosoh' .

"Tentunya kami berharap ini bisa menjadi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, bisa dilirik seluruh lapisan masyarakat dan semoga film ini bisa kita sempurnakan hingga menjadi film sejarah lengkap dimana film ini akan kita sumbangkan kepada seluruh masyarakat Bengkalis," ungkapnya. (Dev)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar