Biodata Eka Saputra

Baca, Mengenal Sosok Ketajaman Pena Eka Saputra

Di Baca : 3769 Kali
Dengan pengalaman Jurnalistiknya, Eka Saputra mengetahui aliran - aliran APBD yang dimainkan oleh segelintir oknum - oknum pejabat korup yang bermental merusak rakyat.(Adifa/DetakIndonesia.co.id)

Oleh, Adifa Jurnalis DetakIndonesia.co.id 


PEKANBARU, DetakIndonsia.co.id -- Eka Saputra Lahir di Pekanbaru, pada 41 tahun lalu. Dari keluarga yang sederhana, setelah Lulus SD 009 Pekanbaru pada 1990, dia melanjutkan dunia pendidikannya ke Pesantren Modern Islam Assalaam, Surakarta (Jateng). Disana, dia belajar ilmu agama, Fiqih, Hadist, pidato bahasa arab dan inggris dan sebagainya untuk memperkaya ilmu di akhirat kelak. 

Tak berhenti hingga disitu, Eka Saputra hijrah ke Jogyakarta untuk mengemban ilmu Komunikasi tepatnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogyakarta. Cara Komunikasi dan ilmu Politik sesuai dengan bakat yang diminati dan digelutinya, akhirnya dia berlabuh dan terjun dikancah politik saat ini. 

Pada 2001, Anak Pesantren Assalaam tersebut pindah ke Jakarta untuk meniti karier. Berlomba dan mengejar untuk mengais rejeki di Ibu kota negara Indonesia, guna mencari masa depan yang lebih baik. Setelah berbagai macam pekerjaan dan pengalaman yang dimilikinya selama di Jakarta, pada 2010 dia kembali menginjakkan kaki tanah kelahiranya, Pekanbaru. 

Kepulangannya ke Pekanbaru karena panggilan hati ingin dan berbuat serta membangun Pekanbaru menjadi lebih baik. Dia melihat saat itu, banyak oknum pejabat yang diduga bermain proyek dan korupsi. Ada sesuatu yang tidak beres terhadap mental oknum pejabat tersebut. 

Dia berpikir, bagaimana cara melawan bandit - bandit menguras uang rakyat dengan elegan tapi santun. Akhirnya, Lulusan UGM Jogyakarta ini mengakhiri karirnya sebagai General Manager di perusahaan besar di Pekanbaru dan menemukan cara melawan para koruptor melalui tulisan atau jurnalistik. 

Memulai dari awal untuk memerangi korupsi, Kolusi dan Nepotisme, berbagai halangan dan rintangan dan tak mudah dihadapinya. Membuka tabir korupsi, berbagai ancaman, teror dan intimidasi sudah menjadi bagian asam garam dalam bagian hidupnya. 

Tak patah semangat, kebenaran dan petunjuk dari Sang Maha Pencipta selalu menyertainya. Dengan ketajaman penanya, beberapa Oknum pejabat kepala dinas lengser dari singgasananya. 

Setelah menekuni dunia Jurnalistik selama 8 tahun ini, Eka merasa belum puas. Karena tulisan yang dimuat di media massa, tidak berbuat banyak untuk perubahan, khususnya untuk Masyarakat Pekanbaru. Banyak keluhan dan kekecewaan masyarakat yang diabaikan oleh pemerintah daerah. 

Lulusan FISIPOL UGM ini, akhirnya berlabuh dan terjun di tahun politik. Dia memberanikan dan mengajukan diri untuk maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) 2019 - 2023 DPRD Kota Pekanbaru Daerah Pemilihan (Dapil) 1 (Satu) khususnya Kecamatan Sukajadi, Limapuluh dan Pekanbaru Kota dari Partai Persatuan Indonesia (PERINDO).

Dengan pengalaman Jurnalistiknya, dia mengetahui aliran - aliran APBD yang dimainkan oleh segelintir oknum - oknum pejabat korup yang bermental merusak rakyat. 

Dia ingin membantu masyarakat, akan tetapi melalui tulisan saja tidak cukup. Berbuat yang terbaik untuk rakyat harus mempunyai kekuatan, kekuasaan dan keberanian. Dengan menjadi Caleg di DPRD Pekanbaru kekuatan dan kekuasaan itu bisa diwujudkan. 

Namun semua itu, atas izin Allah SWT dan rakyatlah yang memilih para calon wakil rakyat untuk duduk di kursi terhormat tersebut. Walaupun dengan keterbatasan dan kesederhanaannya, dia selalu optimis masyarakat akan melihat yang benar atau salah. 

Dengan keyakinan dan berpegang teguh, jika masyarakat meminta, dia akan mengemban tugas amanahnya sebagai wakil rakyat untuk menjadikan Pekanbaru lebih bermartabat, soleh dan makmur.

Pengalaman Organisasi yang dimilikinya, antara lain.

- 2010 - 2013 : Ketua Ikatan Ma'had Assalaam (IKMAS) Riau 
- 2014 - 2019 : Koordinator Bidang Pariwisata dan Seni Budaya, Karang Taruna Kota Pekanbaru (KTKP) 
-2015 - 2020 : Koordinator Bidang Humas, Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Riau. 
- 2015 - 2019 : Bidang Humas, Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) Riau. 
- 2016 - 2020 : Bidang Humas, Pengurus Renang Seluruh Indonesia (PB - PRSI) Riau.
- 2015 - 2019 : Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Riau. 
- 2015 - 2020 : Bidang Humas, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Riau. 
- 2016 : Ketua Forum Pemantau dan Pengawas Lembaga Penyiaran (FPP - LP) Riau 
- 2015 - 2020 : Bidang Humas DPD LSM KPK Riau. 

Bukan hanya itu saja, dia juga mempunyai pengalaman dibidang EVENT ORGANIZED, diantaranya : 

- 2012 ​: Jalan Santai Partai Demokrad | Peserta 80.000 orang – Pekanbaru 
- 2012​: Launching Truck Mitshubishi, PT. Pekan Perkasa Mobil, Pekanbaru. 
- 2013 ​: Jalan Santai Partai Demokrat | Peserta 30.000 orang – Pekanbaru. 
- 2013 ​: Tournament Futsal Walikota Cup at Pekanbaru. 
- 2013 ​: Host Dialog With Calon Gubernur Riau, Lukman Eddy, Riau Chanel Televison 
- 2014 ​& 2015 : Riau Expo 
- 2014​: Gebyar Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru 
- 2015​: Seminar and Workshop with Photografer professional Darwis Triadi & Joe Markus at Pekanbaru 
- 2015 ​: Semarak Parade Merah putih Drag race and Bike lanud Roesmin Nurjadin - Pekanbaru. 

=========================
FOTOGRAPY EXPERIENCE 

- 2006​: Host Speaker, Seminar Fotograpy With Darwis Triadi at Bali, Medan, And Solo. 

- 2007 ​: Host Speaker, Seminar with Olympus, Arbain Rambey and Makarios at 5 City (Surabaya, Jogya, Semarang, Jakarta and bandung) 
- 2008​: Foto Product for Client Wings Group Company, Mulia Ceramic, Baskin Robin, Yanmar Genset, Carefour and Alpa Grosir at Jakarta. 
- 2013, 2014, 2016 : Foto Wisuda, Universitas Persada Bunda Pekanbaru.(Edisi Khusus)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar