KAKI TERLUKA

Seekor Gajah Terjerat, Diselamatkan Tim Rescue BBKSDA Riau

Di Baca : 2652 Kali
Tim Rescue BBKSDA Riau sedang menolong seekor gajah betina 4 tahun yang terkena jerat di HTI PT RAPP Mandau, Bengkalis Jumat (24/8/2018).(Foto Humas BBKSDA Riau)

Mandau, Detak Indonesia--Kamis, 23 Agustus 2018 Call Center Balai Besar KSDA Riau menerima laporan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) bahwa di sekitar Estate Mandau HTI PT RAPP, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak Riau terdapat satu ekor Gajah (Elephas maximus sumatranus) yang terjerat.

Setelah mendapat laporan, Kepala Balai Besar KSDA Riau segera memerintahkan Tim Rescue (Quick Respon) yang terdiri dari dua Dokter Hewan, satu Paramedis, dua mahout, Kepala Resort Siak dan seorang anggota KPHK Siak untuk segera melakukan penyelamatan terhadap satwa dilindungi tersebut.

Jumat, 24 Agustus 2018 setelah berjalan sekitar 300 meter dari bibir jalan, Tim yang didampingi pihak PT RAPP menemukan satwa dimaksud. Berdasarkan informasi yang didapat dari pihak PT RAPP, Gajah betina berumur kurang lebih 4 tahun tersebut terpisah dari kelompoknya yang berjumlah sekitar 10 sampai 15 ekor dikarenakan luka yang dideritanya akibat terkena jerat di kaki depan sebelah kanan.

Setelah melakukan observasi terutama dari perkiraan berat Gajah, tanpa menunggu waktu Tim yang dipimpin oleh drh Rini Deswita segera mengambil tindakan medis dengan melakukan pembiusan, pemberian infus, pelepasan jerat, pengobatan luka, pemberian obat anti peradangan, antibiotik dan sekaligus pemberian vitamin serta obat cacing. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar