Loading...
KISAH BADUNG BONDOWOSO MELAMAR RORO JONGGRANG

1.000 Candi Dibangun dalam Satu Malam

Di Baca : 364 Kali
Sunset di Candi Ijo Sleman Yogyakarta Senin (29/10/2018).(Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Laporan :Aznil Fajri, dari Prambanan Sleman

Sleman, Detak Indonesia--Percaya atau tidak 1.000 candi di Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta dibangun dalam  semalam! 

Itulah cerita-legenda masyarakat Kabupaten Sleman Yogyakarta. Kisahnya anak raja bernama Badung Bondowoso ingin menikahi gadis cantik Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang meminta mahar agar dibangunkan 1.000 candi. 

Candi Ijo

Hal ini disanggupi oleh Badung Bondowoso karena sudah jatuh cinta terhadap Roro Jonggrang yang terkenal cantik dan menawan di zaman Kerajaan Mataram Kuno. 

Namun baru sekitar 999 buah candi dibangun,  dan tinggal satu candi lagi belum dibangun keburu hari sudah subuh dan kokok ayam sudah terdengar.  Rupanya Roro Jonggrang membangunkan mbok-mbok kampung untuk serentak menabuh lesung kayu (gejok) inilah menyebabkan ayam terbangun dan berkokok padahal hari baru pukul 02.00 WIB belum masuk subuh atau pagi. 

Candi Prambanan

Mengetahui hal ini Badung Bondowoso marah pada Roro Jonggrang karena tersirat ditolak secara licik oleh Roro sehingga ayam bangun. Roro dendam pada Badung karena ayah Roro dibunuh oleh Badung Bondowoso. Roro juga sakti lelembut bisa mengerahkan makhluk halus. Karena Badung juga sakti maka Roro disumpah jadi arca cantik terakhir yang melengkapi 999 candi menjadi candi ke 1.000 sesuai permintaan Roro Jonggrang. Itulah Roro menjadi Candi Prambanan sekarang. Demikian legenda komplek Candi Prambanan. 

Namun menurut keterangan Pak Bin, pemandu wisata yang membawa rombongan awak media, berdasarkan keterangan ahli perbakala komplek Candi Prambanan dibangun abad ke 4 (tahun 400 Masehi) dibangun selama 100 tahun dan selesai dibangun abad ke 5 (tahun 500 Masehi). 

Di sebelah Candi Prambanan ada Candi Bubrah (candi rusak), Candi Lumbung,  dan Candi Sewu masuk Kabupaten Klaten Jawa Tengah.  Candi Sewu paling tua dibanding Prambanan dibangun abad ke 4.

Ada lagi Candi Ijo banyak turis menikmati matahari tenggelam (sunset) dari candi ini. Turis asing juga banyak kelihatan. Mengabadikan sunset dengan kamera latar depan Candi Ijo cukup indah. Bahkan banyak pasangan turis menikmati indahnya sunset dan memadu kasih. (***)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar