SEPEKAN KE DEPAN

Tiket Mahal, 168 Agen Travel di Pekanbaru Mogok Jual Tiket Penerbangan Domestik

Di Baca : 4871 Kali
Ketua Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) Riau Dede Firmansyah, Selasa (16/1/2019).

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Sepekan ke depan, sejumlah biro perjalanan transportasi udara di Pekanbaru tidak menjual tiket untuk penerbangan domestik. Aksi ini sebagai bentuk protes karena harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik tak kunjung turun. Khususnya untuk wilayah Pekanbaru, Riau.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) Riau Dede Firmansyah melalui sambungan  seluler, Selasa (16/1/2019).

Ia mengatakan berdasarkan kesepakatan Indonesia National Air Carrier Association (INACA) harga tiket pesawat diturunkan hingga 60 persen.

"Namun ternyata sampai saat ini harga tiket pesawat domestik masih mahal. Contohnya untuk penerbangan Pekanbaru-Jakarta naik Garuda Rp1,8 juta, Batik Rp1,3 jutaan dan Lion Air Rp971.000. Lion Air ada sedikit penurunan, tapi hanya sedikit saja, tak seperti yang dijanjikan oleh INACA," ucapnya.

"Berbeda dengan tiket pesawat ke luar negeri, malah murah. Ada apa sebenarnya?," imbuhnya.

Lanjut Dede, dirinya juga sangat heran dengan statemen yang dikeluarkan oleh INACA yang mengatakan kenaikan harga tiket ini dikarenakan kenaikan avtur sebagai bahan bakar pesawat. Tapi pertanyaannya, kenapa Air Asia  sampai saat ini harga tiketnya tetap murah.

"Itu yang kita herankan. Seharusnya ada keterbukaan atas masalah saat ini," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dede, pihaknya juga mempertanyakan konektivitas antara Kementerian Perhubungan dengan program Kementerian Pariwisata.

"Target Kementerian Pariwisata itu ya meningkatkan pariwisata mencapai 250juta tahun.2019 yang keinginannya ada Perputaran wisatawan Antar Pulau di Indonesia dari Sumatera ke Jawa sebaliknya dan Jawa ke Kalimantan atau ke Sulawesi.

"Sulawesi ke Sumatera dan Sebaliknya begitu juga ke Pulau Papua dan Bali , NTB dan NTT, lah kalau tiket mahal bagaimana mau meningkatkan kunjungan wisata ke daerah. Tiket mahal, tentu orang tidak mau pergi berwisata. Makanya saya sebut ini tak ada kesinergian Antar Kementrian," sebutnya.

Disampaikan Dede, saat ini ada 168 agen travel yang tergabung di ASITA dan sudah sepakat untuk mogok menjual tiket Penerbangan Domestik.

"Kita lihat sepekan ini bagaimana. Tentu harapan kita tiket pesawat bisa segera normal kembali. Kasihan juga masyarakat yang mau bepergian tapi terkendala karena tiket mahal," ucapnya.

"Selain itu, niat kita ini tentu ingin mengetuk Hati pengambil Kebijakan Khususnya Pemerintah Pusat dapat Segera Menurunkan Harga Tiket Pesawat, Sehingga Dunia Usaha Biro Perjalanan Wisata ini Kondusif lagi, jadi ada Perputaran Perekonomian di seantero Nusantara" pungkasnya.(Adifa)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar