Evakuasi dilakukan

Puluhan Penambang Emas Tertimbun Longsor di Bolaang Mongondow

Di Baca : 1576 Kali
Satu korban tertimbun longsoran di areal Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Sulut pada Selasa (26/2/2019) pukul 21.00 WITA berhasil dievakuasi. (Foto Humas BNPB)

Lolayan, Detak Indonesia--Telah terjadi tanah longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Sulut pada Selasa (26/2/2019) pukul 21.00 WITA.

️Kronologis pada saat puluhan orang sedang menambang emas di lokasi tersebut tiba-tiba tiang dan papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, ️korban Jiwa (Data Sementara) : Diperkirakan sebanyak 60 orang lebih tertimbun material longsoran tanah dan bebatuan di lokasi areal tambang rakyat.

Sampai dengan Rabu subuh (27/2/2019) pukul 05.00 WITA, sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian 1 orang meninggal,
13 orang luka ringandan berat. Diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang. 

️Upaya yang dilakukan sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran. 

Kondisi Terkini : evakuasi masih terus dilakukan walaupun dengan kondisi malam hari karena banyaknya korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat.

Unsur yang terlibat membantu
1. TRC BPBD Kabupaten Bolmong
2. Basarnas Pos SAR Kotamobagu 
3. Polres Kotamobagu
4. Polsek Lolayan
5. Koramil Lolayan
6. PMI 
7. Rescue JRBM
8. Masyarakat setempat dan penambang yang ada di lokasi. 

"Demikian disampaikan dan akan kami Update kembali sesuai kondisi di lapangan. Info lanjut hubungi : Abdul Muin Paputungan, SE (Kasi Tanggap Darurat) 085284303333/ 082293876996 (WA)," jelas Sutopo.(*/rls/jui)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar