MENDAGRI TJAHJO KUMOLO

Personel Damkar, Satpol PP dan Linmas Harus Terjun Layani Masyarakat

Di Baca : 1633 Kali

Pekanbaru, Detak Indonesia-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar),  Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 Tingkat Nasional 2019 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu pagi (6/3/2019).

Usai memimpin upacara, Mendagri kepada warga menyatakan jika personel Damkar, Satpol PP dan Linmas harus mampu terjun memberikan pelayanan di tengah-tengah masyarakat.

"Kami ingin terus mengoptimalkan Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat," tegas Mendagr.

Termasuk dalam pelaksanaan Pemilu 2019, lanjut Mendagri, Damkar, Satpol PP serta Satlinmas yang merupakan instansi di bawah kendali Kemendagri harus ikut andil menyukseskan pemilu dengan menjalin koordinasi bersama pihak kepolisian.

"Salah satunya dalam menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum)," jelas Mendagri.

Ke depannya, terang Mendagri, fungsi melayani masyarakat tidak semata-mata pada aspek perizinan saja tapi juga aspek regulasi termasuk fungsi-fungsi yang dibutuhkan termasuk Damkar, Satpol PP dan Linmas. 

"Meski begitu, Damkar tetap di bawah Pemerintah Daerah," ucapnya.

Semarak Atraksi 

Peringatan HUT ke-100 Damkar, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 Tingkat Nasional 2019 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (6/3/2019) pagi disemarakkan  berbagai atraksi salah satunya atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

Tak pelak, atraksi yang paling spektakuler memukau penonton yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

Berbagai atraksi personel Satpol PP Pekanbaru mendapat tepuk tangan, apresiasi salah satunya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju Adnan Rasyid. Dia menyatakan kegiatan Tingkat Nasional ini cukup meriah.

"Sangat meriahlah peringatan HUT kali ini. Semoga Korps Satpol PP,  Damkar dan Satlinmas makin jaya," ujarnya.

Hadir dalam HUT ke-100 Damkar, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 Tingkat Nasional 2019 ini Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Walikota Pekanbaru Firdaus MT dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Kemudian hadir juga perwakilan kepala daerah, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru, Sekdako M Noer serta pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.(*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar