Loading...
Transportasi Sehat

AKP Anindhita Rizal Ajak Masyarakat Perkotaan Budayakan Menggunakan Tranformasi Sepeda 

Di Baca : 344 Kali
Tidak saja melakukan kegiatan sosialisasi transportasi sehat, para peserta TSM juga melakukan kegiatan bakti sosial. (DI)

Laporan Adifa Detak Indonesia.

Inhil, Detak Indonesia -- Dalam rangka meningkatkan silahturahmi dengan masyarakat, Polres Inhil melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Inhil kembali mendulang sukses. Program kegiatan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) dengan bersepeda langsung mendapatkan sambutan hangat masyaraka Kota Tembilahan, Minggu 10 Maret 2019

Kegiatan yang dinamakan TSM tersebut, diikuti langsung komunitas sepeda serta Polisi Cilik yang ada di Kabupaten Inhil, kegiatan sosialisasi tersebut mampu memberikan magnet tersendiri di area Car Free Day yang ada di Kota Tembilahan. Kegiatan tersebut di mulai sekira pukul 06.00 WIB.

Dari penjelasan Kapolres Inhil AKBP Christian Rony melalui Kasat Lantas Polres Inhil AKP Anindhita Rizal SH SIK mengatakan, kegiatan bersepeda tersebut tujuan utamanya adalah silaturahmi dengan masyarakat perkotaan sembari membudayakan kepada masyarakat agar menggunakan sepeda yang disebut Transportasi Sehat Merakyat (TSM) dengan menggunakan sepeda.

"Kegiatan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) ini tujuan utama kita bersilaturahmi dengan masyarakat, sembari mengajak masyarakat agar membiasakan diri untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi di dalam Kota Tembilahan,"ungkap AKP Anindhita Rizal.

Dari amatan awak media dilapangan, kegiatan TSM dihadiri Dandim yang diwakili Kasi Log Kodim Kabupaten Inhil, Kejari Kabupaten Inhil yang diwakili Kasi Intel, Pimpinan BRI Cabang Inhil beserta anggota, Komunitas Sepeda Kabupaten Inhil sebanyak 30 orang, Komunitas Sepeda Cabang Kuala Tungkal Kabupaten Jambi sebanyak 30 orang, Kasat Pol PP Kabupaten Inhil, Anggota Bea Cukai Cabang Inhil, Polisi Cilik Satlantas Polres Inhil sebanyak 40 orang beserta guru pendamping serta Para Kanit Satlantas Polres Inhil beserta anggota.

"Kegiatan memang kita sengaja dipusatkan di area Car Free Day agar kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat perkotaan tentang transportasi sehat, aman dengan menggunakan sepeda saat beraktivitas di dalam kota.

"Hari ini, kegiatan TSM pesertanya 150 orang yang terdiri dari dua komunitas sepeda dan Polisi Cilik serta masyarakat, para peserta melakukan Start dimulai dari Mapolres Inhil dan Finish di area Car Free Day di Jalan Swarna Bumi tepatnya di Kantor BPBD Kabupaten Inhil. Alhamdulillah, antusias peserta cukup tinggi dan di sambut hangat oleh masyarakat," terang AKP Anindhita Rizal.

Adapun rute yang di tempuh para peserta TSM, Start dimulai dari Jalan Gajah Mada, Jalan M Boya, Jalan T Biru, Jalan Gunung Daek, Jalan Lingkar II, Jalan Pekan Arbaj, Jalan T Harapan, Jalan Lingkar I, Jalan Subrantas, Jalan Prof M Yamin, Jalan Keritang, Jalan P Hidayat, Jalan Vetran, Jalan Swarna bumi dan Finis di depan Kantor BPBD Kabulaten Inhil Jalan Swarna bumi Tembilahan.

Melirik dari antusias masyarakat Kabupaten Inhil cukup tinggi, dari data yang berhasil dirangkum awak media, peserta TSM mencapai 150 orang, selain itu, usai melakukan kegiatan sosialisasi tranportasi bersepeda, para peserta TSM juga melakukan kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) di Jalan tanjung harapan Tembilahan Kota dengan memberikan bantuan berupa Sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Pada saat pelaksanaan TSM berjalan, para komunitas sepeda juga memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya arti keselamatan berlalu lintas, supaya masyarakat dan para pelajar bisa mengelorakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) dengan bersepeda sebagai kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari, baik ke sekolah maupun kebutuhan transportasi dalam Kota.

"Dalam program sosialisasi tranportasi ini, tujuan kita membudayakan kepada masyarakat luas, khususnya di Kota Kabupaten Inhil, kita berharap dapat mencegah dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, dengan membudayakan alat transportasi sepeda. Selain bisa menekan angka fatalitas di jalan perkotaan bersepeda juga dapat membuat tubuh menjadi sehat dan mengurangi polusi udara bagi masyarakat," pungkasnya.

Khusus para peserta TSM dengan bersepeda, Satlantas Polres Inhil berharap, agar semua peserta kegiatan TSM dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. (DI)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar