Di kawasan industri tanjung buton siak

Empat Orang ABK Meninggal di Lobang Kapal Tongkang

Di Baca : 5604 Kali
Empat orang pekerja anak buah kapal meninggal dunia di dalam tongkang di kawasan Industri Tanjung Buton Siak Sri Inderapura, Riau akibat lemas kurang oksigen, Jumat (19/4/2019). (Foto Humas Polres Siak)

Siak Sri Inderapura, Detak Indonesia--Telah terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan 4 (empat) orang pekerja anak buah kapal meninggal dunia.
 
Waktu kejadian Jumat 19 April 2019 sekitar pukul 11.00 WIB. Pelapor Toto Kusnanto, Umur 43 tahun, agama Islam suku Betawi, pekerjaan Pelaut Mualim II  alamat Jalan Semangka Blok D No 1 Kelurahan Lagoa Kecamatan Koja DKI Jakarta.

TKP Pelabuhan Industri Kawasan Tanjung Buton Kampung Sei Rawa Kecamatan Sei Apit Kabupaten Siak Riau.

Korban
1. INDRA MAULANA ANSAR, Bone 08 Oktober 1996, Laki - laki, Alamat Dusun Gadungan RT 001 RW 014, Kelurahan Klakatan, Kecamatan Tanggul Provinsi Jawa Timur.

2. MUHAMMAD ISHAK, Pamekasan 21 Maret 1984, Laki - laki, Alamat Dusun Embung barat tengah, RT 002 RW 003, Kelurahan Bangkes Kecamatan Kadur Provinsi Jawa Timur.

3. INDRA BAYU, Banyuwangi 24 Oktober 1989, Laki - laki, Alamat Dusun Krajan RT 002 RW 011, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kalipuro Provinsi Jawa Timur.

4. FAHRUDDIN, Pamekasan 07 Maret 1977, Laki - laki, alamat Dusun Tambak Rejo RT 001 RW 001, Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Sumber baru Provinsi Jawa Timur.

Kronologis kejadian, pada hari Jumat 20 April 2019 sekira pukul 09.45 FAHRUDIN masuk ke lobang tongkang bertujuan untuk menguras air yang ada di dalam pinggir tongkang dengan menggunakan pompa celup. Dikarenakan Sdr FAHRUDIN tidak mampu bekerja sendiri lalu Fahrudin memanggil sdr INDRA MAULANA untuk membantu.

Namun dirasa masih belum mampu maka Sdr FAHRUDIN memanggil Sdr MUHAMMAD ISHAK untuk ikut membantu.Karena tak kunjung muncul dan belum selesai menguras air tersebut maka Sdr TOTO merasa curiga lalu turun ke dalam pinggir tongkang lalu terlihatlah 3 orang ABK dalam keadaan pingsan dan Sdr TOTO berusaha menolong Sdr INDRA MAULANA dengan menekan dada Sdr INDRA MAULANA tidak lama kemudian Sdr TOTO pun ikut pingsan.

Lebih kurang 10 menit kemudian saudara TOTO tersadar dan Sdr INDRA BAYU ikut turun membantu. Namun pada saat turun Sdr INDRA BAYU ikut pingsan di dalam pinggir tongkang tersebut dan Sdr TOTO langsung naik ke atas karena sudah mulai sulit bernafas dan meminta bantuan ke orang yang berada di sekitar tongkang. Pukul 15.00 telah dilaksanakan oleh BPBD dan Damkar Siak dan para korban berhasil di evakuasi pukul 16.30 WIB dan dibawa ke RSUD Siak.

Dugaan penyebab kematian sementara ini adalah karena faktor kehabisan udara/ oksigen dan keracunan udara.(adifa)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar