Loading...
Hari Raya, Sumbar Diguyur Hujan

Hujan Deras, Air Terjun Lembah Anai Meluap

Di Baca : 1753 Kali
Hujan deras sejak Rabu (5/6/2019) dan Kamis (6/6/2019) hari raya pertama dan kedua menyebabkan debit air Terjun Lembah Anai di jalan lintas Bukittinggi-Padang membesar, meluap namun belum sampai menutup badan jalan. Namun pengendara sangat berhati-hati melintas di sini jangan sampai terjebak air bah. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Lembah Anai, Detak Indonesia--Hujan deras mengguyur kawasan air terjun Lembah Anai di jalan lintas Bukittinggi-Padang di hari pertama dan kedua Idul Fitri 1440 H pukul 13.20 hingga pukul 17.00 WIB.

Debit air terjun Lembah Anai yang hulunya di kaki gunung Tandikek meluap dan warna airnya memerah, sementara pengendara berhati-hati melintas di kawasan obyek wisata itu.

Pantauan wartawan Detak Indonesia, Kamis siang (6/6/2019) pukul 15.33 WIB, hujan masih turun di kawasan yang jadi primadona kunjungan pemudik setiap hari raya Idul Fitri tersebut. Lalu lintas kendaraan mulai padat dari Bukittinggi-Padang dan sebaliknya.

Kendati hujan deras di Lembah Anai, kolam renang anak-anak di sekitaran Lembah Anai ini airnya tetap jernih karena bersumber dari mata air bebukitan di sekitarnya. Cuma air terjun Lembah Anai dan sungai kecil atau batang air di sekitarnya yang meluap dan memerah airnya karena hujan.

Sejak Rabu hari raya pertama (5/6/2019) hujan sudah mengguyur sebagian wilayah perbatasan Riau dan Sumbar terutama di jalan lintas barat mulai dari PLTA Kotopanjang Kampar Riau masuk ke perbatasan Sumbar di Tanjungbalit-Pangkalan-Payakumbuh dan Bukittinggi.

Arus mudik kendaraan dari Pekanbaru ke Sumbar nampak memadat Rabu sore (5/6/2019) di kawasan perbatasan Payakumbuh-Bukittinggi dan sesekali macet padat merayap. 

Diperkirakan Jumat dan Sabtu (7-8/6/2019) jumlah pemudik yang rekreasi akan membludak di sejumlah lokasi wisata di Sumbar. Lokasi wisata itu seperti Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, Jam Gadang di Bukittinggi, Air Terjun Lembah Anai di Padangpanjang, Pantai Muaro di Padang, pantai di Pariaman, Pantai Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Istana Pagaruyung di Batusangkar, dan lain-lain.

Menurut warga di Lembah Anai, debit air terjun Lembah Anai yang melimpah sekarang karena hujan lebat turun Rabu dan Kamis (5-6/6/2019) mungkin tidak sampai menutup badan jalan Bukittinggi-Padang adalkan tak ada kayu balak yang hanyut menutup gorong-gorong (box culvert) di depan air terjun itu.

Tapi kalau sempat hanyut kayu besar dari atas air terjun itu dan menyumbat gorong-gorongnya, maka air akan melimpah dan menutup japan sehingga kendaraan tak bisa lewat. Tapi kondisi sekarang ini mudah-mudahan debit air yang besar lancar mengalirnya dan tak melimpah menutup jalan.(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar