SEJUMLAH TEBING JALAN DI SUMBAR LONGSOR

Air Terjun Lembah Anai Mengamuk, Pengendara Disapu !

Di Baca : 5561 Kali
Air Terjun Lembah Anai di Padangpanjang Sumbar di jalan lintas Bukittinggi-Padang meluap dan mengamuk menyapu ganas pengendara motor yang nekat lewat namun pengendara dan kendaraannya selamat, Selasa petang (12/12/2018). (Foto Ist)

Padangpanjang, Detak Indonesia--Air Terjun Lembah Anai di Padangpanjang Sumbar di jalan lintas Bukuttinggi-Padang meluap hebat dan mengamuk sejak Selasa (11/12/2018). Sejumlah pengendara yang nekat menerobos badan jalan di depan air terjun itu sempat disapunya namun selamat dan sepeda motornya bisa diselamatkan segera. Beberapa saat kemudian air kian membesar dan badan jalan tertutup. Kendaraanpun tak bisa melintas.

Sejumlah tebing jalan di Sumbar dilaporkan longsor dan menutup badan jalan. Seperti yang dilaporkan warga Rabu pagi tadi (12/12/2018) di daerah Sitinjau Lauik Panorama Duo terjadi tanah longsor menutup badan jalan. Jalan alternatif dari Pekanbaru ke Sumbar inipun putus. Selain itu jalur Pekanbaru-Bukittinggi-Padang juga putus karena jembatan ambruk di Kayutanam (jalan lintas Bukittinggi- Padang). 

Jalan di Sitinjau Lauik juga longsor

Jalan lintas Pekanbaru-Bukittinggi-Padang-Painan dan sebaliknya yang diharapkan bisa dilewati kendaraan adalah lewat Padangluar Bukittinggi-Malalak-Pariaman-Padang-Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Mudah-mudahan info dari supir travel jalan lintas ini masih bersahabat dan aman.

Sebelumnya jembatan ambruk terjadi Senin (10/12/2018), akibat longsor terjadi di wilkum Polres Padang Pariaman saat hujan lebat sehingga berdampak terjadinya beberapa titik bencana alam di antaranya sekira pukul 18.30 WIB telah terjadi jembatan ambruk pada jalan utama Padang-Bukittinggi  di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman sehinga mengakibatkan harus lalu lintas jalan utama Padang-Bukittinggi tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda sepuluh.

Jalan lintas Bukittinggi ke Bonjol-Lubuksipaping juga longsor di Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam Sumbar

Sekira pukul 19.00 WIab Senin itu (10/12/2018) telah terjadi Longsor di Bukit Tambun Tulang Malibou Anai Nagari Guguak Kecamatan Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman, yang mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah  dan pohon kayu jatuh ke jalan raya Padang-Bukittinggi sehingga harus lalintas tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Mobil nekat menerobos amukan garangnya Air Terjun Lembah Anai di jalan lintas Bukittinggi-Padang Selasa petang (12/12/2018)

Sekira pukul 19.15 WIB telah terjadi tanah longsor di dekat Pondok Pergedel yang mengakibatkan tertimbunnya sebagian badan jalan dan pohon kayu tumbang ke jalan raya sehingga mengakibatkan harus jalan raya hanya bisa dilewati satu kendaan roda empat.

Sebuah truk di sawah Kareh sebelum SMA hanyut disapu longsor.

Jembatan ambruk akibat longsor di Kayutanam di jalan lintas Bukittinggi-Padang Senin lalu (10/12/2018) hingga Rabu (13/12/2018) lalu lintas kendaraan masih putus di sini.

Akibat dari kejadian tersebut di  sampai saat ini belum ada korban jiwa hanya ada korban materil.

Truk di sawah Kareh sebelum SMA hanyut disapu longsor.

Info lainnya jalur dari Bukittinggi ke Bonjol-Lubuksikaping -Mandailing Natal Sumut juga terjadi tanah longsor di Kecamatan Palupuh (25 km dari Bukittinggi) sehingga tanah tebing menutup jalan kendaraan tak bisa lewat.(*/sf/azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar