Loading...
PROGRAM PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT

2.288 Ha Kebun Sawit Petani Kuansing Akan di Replanting

Di Baca : 286 Kali
Kebun sawit tua yang tak produktif lagi milik eks petani plasma PT Wanasari (PMA Malaysia) di Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, Riau akan segera diremajakan/replanting. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Talukkuantan, Detak Indonesia--Sekitar 2.288 hektare dari rencana total 8.800 hektare kebun sawit tua yang tak produktif lagi milik eks petani plasma PT Wanasari (PMA Malaysia) di Kecamatan Singingi dan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau akan segera diremajakan atau replanting.

Program Nasional Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Dirjenbun  2.288 hektare di atas sudah direkomendasi teknis (rekomtek) oleh Dirjenbun RI. Terdiri dari 618 hektare lahan petani KUD Pratama Jaya, 143 hektare lahan milik petani plasma KUD Sawit Jaya, 548 hektare lahan petani KUD Wana Bhakti, dan 325 hektare lahan petani KUD Tirta Kencana.

Pertemuan Ketua KUD Makmur Sarimin dan anggotanya, Ketua Forum Komunikasi KUD F1 - F 10 Ronald Sihombing dengan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kuansing Syoffinal SP MSi dan mitra kontraktor replanting PT BOS, Alexander Pranoto, Antoni, Joni, Effendi, dan lain-lain

"Luas total yang sudah rekomtek 2.288 hektare. Tapi KUD Makmur menyusul seluas 654 hektare. KUD Makmur bukan dalam tahap pengusulan tapi sudah rekomtek juga namun ada koreksi pada data Nomor Induk Kepala Keluarga sehingga tertunda penandatanganan SPK tiga pihaknya," kata Kepala Dinas Pertanian Kuantan Singingi Riau melalui Kabid Perkebunan Syoffinal SP MSi, Sabtu (6/7/2019) usai acara pertemuan dengan Ketua KUD Makmur, Sarimin dan anggotanya di Desa Sungai Sirih, Singingi, Kuansing.

Menurut Syoffinal SP MSi, adapun yang sudah menandatangani perjanjian kerjasama itu adalah tiga pihak yakni bank, KUD, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Jakarta.

Dari kiri, Ketua KUD Makmur, Sarimin, Ronald Sihombing, dan Syoffinal SP MSi

"Untuk tahun 2019 kita mengajukan 5.001 hektare dari total 8.800 hektare," ujar Syoffinal SP MSi.

Di pihak lain menurut Ketua KUD Makmur Desa Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Riau Sarimin juga membenarkan kini pihaknya juga ikut program PSR menyusul lagi empat KUD di atas. 

Mitra kontraktor replanting PT BOS Alexander Pranoto (tengah), Antoni (dua dari kiri), Joni (dua dari kanan)

Sementara Ketua Forum Komunikasi KUD F1 - F10 Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir Ronald Sihombing membenarkan bahwa ada 10 KUD yang ikut program peremajaan sawit program PSR ini.

Lancarnya rencana replanting kebun plasma petani di Kabupaten Kuantan Singingi ini menurut Ronald Sihombing berkat dibina dan motivasi yang tak henti dari Dinas Pertanian Kuantan Singingi Riau melalui Kabid Perkebunan Syoffinal SP MSi.

"Ya, luar biasa kerja Pak Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kuansing Syoffinal SP MSi ini Pak. Terkadang sampai jam dua malam dia masih berada di tengah petani di lokasi plasma memberi binaan dan motivasi. Kalau ada administrasi KUD mengenai usulan program PSR belum selesai sampai jam dua malam pernah dia tunggu sampai selesai laporannya," kata Ketua Forum Komunikasi KUD F1 - F10 Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Ronald Sihombing, Sabtu petang (6/7/2019).(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar