Loading...
Ciptakan Wirausaha Milik Kampung

Program Bursa Inovasi Desa di Kampung Adat Sakai Bekalar Berjalan Sukses

Di Baca : 95 Kali
Foto bersama para peserta acara Bursa Inovasi Desa (BID) program BID dibuka dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (12/8/2019). (Hendi wijaya/Detak Indonesia.co.id)

Kandis, Detak Indonesia--Bertempat di Gedung Aula Kampung Adat Sakai Bekalar Kecamatan Kandis Kabupaten Siak acara Bursa Inovasi Desa (BID) dilaksanakan program BID dibuka dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (12/8/2019).

Pada kesempatan itu PLH Camat Kandis Said Irwan SE menjelaskan, bursa Inovasi Kampung merupakan sebuah forum penyebaran pertukaran informasi tentang inovasi-inovasi masyarakat yang berkembang di kampung. Selain itu merupakan kemampuan karya-karya dan inovatif yang tersaji untuk dapat tampilkan sehingga masuk dalam rencana kerja Pemerintah Kampung dan APB-KAM ke depan dengan mengisi komitmen dan ide mendorong meningkatnya pembangunan seperti sumber daya manusia, kewirausahaan dan infrastruktur yang ada di Kampung. Mudah-mudahan pembangunan yang ada di Kampung bersumber pada kebutuhan masyarakat serta merupakan potensi yang ada di Kampung.

"Kami berharap Kampung melakukan terobosan-terobosan serta memperbanyak inovasi-inovasi yang menjalin sinergritas antara Pemerintah Daerah Kampung tenaga pendamping dan segenap intansi Pemerintah, swasta serta masyarakat untuk mengoptimalkan isolasi pembangunan mudah-mudahhan acara kita ini membuahkan inovasi-inovasi yang baru demi nama baik Kecamatan Kandis," doanya.

Kepala Dinas PMK Kabupaten Siak Yurnalis Basri SSos MSi menegaskan kepada Penghulu Kampung se-Kecamatan Kandis agar dana APB-KAM jangan hanya digunakan untuk infrastruktur Kampung saja memang infrastruktur itu penting namun ada juga hal yang harus dikembangkan di Kampung contohnya menciptakan suatu usaha milik Kampung seperti berwirausaha di dalam mengembangkan sumber daya manusia khususnya ekonomi masyarakat dan jika ini tercapai tentunya ini merupakan  kesejahteraan bagi masyarakat Kampung.

"Jadi Bursa Inovasi Desa yang sedang terlaksana hari ini di Kampung Adat Sakai Bekalar Kecamatan Kandis secara resmi kami buka," ucapnya.

Acara Bursa Inovasi Desa yang digelar di Kampung Adat Sakai Berkalar terlihat hadir PLH Camat Kandis, Kepala Dinas PMK Kabupaten Siak bersama rombongan, Penghulu Kampung se-Kecamatan Kandis, Bapekam, Manager Kebun Sam-Sam Estate Mardianto, Kepala Dusun, Rt, Rw dan tokoh masyarakat lainnya.(hendi wijaya)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar