2025, Bank BTN memiliki pelayanan kelas dunia

Transformasi BTN Sebagai Bank Tabungan di Era Digital

Di Baca : 623 Kali
Gedung Postspaarbank di Weltevreden (kini Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat) pada tahun 1925 - 1930, (sumber foto: Wikimedia). 

Bengkalis, Detak Indonesia -- BTN (Bank Tabungan Negara) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan.

Awal mulanya BTN berawal dari didirikannya "Postspaarbank" di Batavia tahun 1897. Sejak masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942, bank ini dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku (Chokinkyoku).

Setelah Proklamasi Kemerdekaaan Indonesia, bank ini diambil alih Pemerintah Indonesia menjadi "Kantor Tabungan Pos". Setelah beberapa kali nama dan bentuk perusahaan berubah, akhirnya pada 1963 menjadi nama BTN.

Pada 29 Januari 1974 Pemerintah Indonesia memilih BTN melalui Surat Menteri Keuangan RI No. B-48/MK/I/1974 sebagai wadah pembiayaan proyek perumahan untuk rakyat.

Sejalan dengan tugas tersebut, pada tahun 1976 mulailah terjadinya realisasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk pertama kalinya oleh BTN di Indonesia.

Dok. BTN.co.id



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar