Loading...
Bawa Peserta Diklatpim Benchmarking ke Pemkab Bintan

Sekda Hamzah Minta ASN Bawa Pulang Adopsi Inovasi

Di Baca : 490 Kali
Foto bersama rombongan Peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Kabupaten Siak, dalam agenda kunjungan Benchmarking ke Kabupaten Bintan, Selasa pagi (03/09/2019). 

Siak Sri Inderapura, Detak Indonesia--Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T S Hamzah memimpin rombongan Peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Kabupaten Siak, dalam agenda kunjungan Benchmarking ke Kabupaten Bintan, Selasa pagi (03/09/2019). 

Sebanyak 30 orang peserta Diklatpim IV yang tergabung dalam Angkatan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak yang dibawa serta, merupakan Pejabat Pengawas Eselon IV yang berasal dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Siak. 

Selain para peserta, rombongan ini juga disertai 12 (dua belas) orang Pembimbing dan Pendamping yang berasal dari Widyaiswara, jajaran dari BKPSDMD Kabupaten Siak, BPSDM Provinsi Riau, serta Petugas Medis.

Sekda Hamzah dalam sambutannya menyebut, sesuai Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, pelaksanaan Benchmarking ke Best Practice bertujuan untuk mengidentifikasi, mengadopsi dan mengadaptasi kelebihan daerah tujuan untuk diimplementasikan  di daerah asal masing-masing, yang tentunya inovasi-inovasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

“Sasaran tersebut selanjutnya akan diaplikasikan dalam bentuk Rancangan Proyek Perubahan yang data pendukungnya diperoleh selama melaksanakan Benchmarking dengan lokus 3 (tiga) OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan,” kata dia.

Tiga OPD yang dituju rinci Hamzah, di antaranya Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bintan terkait kegiatan pengelolaan Aplikasi Si Mantan (Sistem Informasi Manajemen ASN Bintan,) Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan tentang pengelolaan destinasi dan event pariwisata berbasis masyarakat, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan tentang pengelolaan kegiatan pada bidang kesehatan sehingga Kabupaten Bintan berhasil memperoleh penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional.

"Dengan mengikuti Benchmarking ke Best Practice ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan  pengalaman peserta dalam mendukung proyek perubahan demi perbaikan dan peningkatan kinerja di OPD masing-masing demi Kabupaten Siak yang lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bintan yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Supriono, memberikan sambutan selamat datang dan pengarahan pada acara penerimaan Kunjungan Benchmarking Peserta Diklatpim.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Bintan sebagai lokasi tujuan Benchmarking," kata dia.

Selanjutnya Supriono dalam sambutannya juga menyampaikan Gambaran Umum Kabupaten Bintan terkait Visi dan Misi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bintan, kondisi Geografis Potensi yang ada di Kabupaten Bintan, dan kondisi Sumber Daya Aparatur dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan.(adifa)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar