Loading...
DIKHAWATIRKAN GANGGU KESEHATAN

BREAKING NEWS : Asap Kian Tebal, Murid Sekolah Diliburkan!

Di Baca : 1029 Kali
Kabut adap kian pekat dan tebal di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Riau, Senin (9/9/2019) murid sekolah diliburkan asap sangat mengganggu kesehatan murid sekolah. (Hendi Wijaya/Detak Indonesia.co.id)

Kandis, Detak Indonesia--Hari ini Senin (9/9/2019) terlihat kabut asap di wilayah Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Provinsi Riau kian tebal dan pekat dan bisa berbahaya bagi kesehatan untuk itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Riau melalui Korwilbid Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kandis memutuskan untuk meliburkan murid TK/PAUD, SD Negeri, SD Swasta dan SMP Negeri, SMP Swasta, Senin (9/9/2019).

Wartawan Detak Indonesia di Kandis, Hendi Wijaya melaporkan langsung bahwa Kepala Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kandis,Syuyanto SPd melalui Sekretarisnya Rudi Hartono SE menjelaskan, berdasarkan hasil laporan dari beberapa Kepala sekolah mulai dari tingkat TK, PAUD, SD Negeri, SD Swasta dan SMP Negeri maupun SMP Swasta yang ada di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Riau bahwa tentang keadaan kabut asap kian menebal dan kondisi yang kurang bersahabat bagi proses belajar mengajar di sekolah maka anak sekolah diliburkan,hari ini lebih awal seluruh murid dipulangkan segera dan besok juga selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 10-11 September 2019 diliburkan,.

"Namun Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta Kepala Sekolah tetap bertugas seperti biasa," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Rudi Hartono SE, sebelum seluruh murid diliburkan bahwa pihaknya yaitu Korwilbid Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kandis telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Riau kepada Camat Kandis dan kepada Kepala Puskesmas Kandis.

"Tadi sudah kami sampaikan kepada seluruh Kepala Sekolah untuk meliburkan anak-anak sekolah dan ini merupakan antisipasi dalam upaya untuk menghindarkan anak-anak sekolah dari bahaya kabut asap sebab kabut asap kian menebal dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan bagi anak-anak. untuk itu anak-anak mulai dari tingkat TK/PAUD, SD Negeri, SD Swasta maupun SMP Negeri dan SMP Swasta se-Kecamatan Kandis Kabuoaten Siak, Riau diliburkan dan dialihkan kegiatan belajarnya di rumah di bawah pengawasan orang tua mereka," jelasnya.

Rudi Hartono SE juga telah mengimbau seluruh Kepala Sekolah dan Guru se-Kecamatan Kandis.

"Selain meliburkan anak-anak sekolah kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh Kepala Sekolah dan Guru supaya mengiimbau kepada setiap orang tua siswa siswi agar memantau anaknya di rumah mereka dan tidak membiarkan anaknya bermain di luar rumah selama libur pada kondisi kabut asap yang masih tebal," tutupnya.

Sementara Ketua Umum Lembaga Melayu Riau (LMR) H Darmawi bin Zalik Aris menegaskan bahwa udara bersih sangat didamba oleh masyarakat Riau. Bagaimana kabut asap yang sudah diambangbatas  di wilayah Riau atau sengaja masyarakat dibunuh pelan-pelan.

"Kalau membunuh jangan begini caranya. Tebar saja racun di atas wilayah Riau ketimbang menderita akibat ISPA beritahu dengan Datuk Sri Setia Amanah Negara," kata Ketum LMR H Darmawi marah. H Darmawi putra Melayu Riau memang terkenal vokal dia pernah tampil di ILC TVOne saat bencana besar kabut asap melanda Riau tahun 2015 lalu. (*/di)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar