Loading...
SEKOLAH MASIH DILIBURKAN

Ratusan Titik Api Berkobar di Riau, Warga Sesak Napas

Di Baca : 658 Kali
Kebakaran hutan lahan yang disengaja oleh oknum tertentu di Riau hingga hari ini Rabu (18/9/2019) masih berlangsung. Sekolah masih diliburkan sampai Kamis (19/9/2019). (Ist)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Ratusan titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih berkobar di Provinsi Riau hingga Rabu dinihari tadi (18/9/2019). Jutaan warga Riau sesak napas dan banyak yang masuk rumah dakit akibat ISPA, sebagian eksodus/mengungsi ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) karena wilayah Sumbar agak aman dari pencemaran udara akibat kabut asap karhutla.

Kawasan yang terbakar di Riau ada kawasan gambut yang sulit dipadamkan dengan alat secanggih apapun. Menurut Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengutip pendapat ahli gambut bahwa kebakaran lahan gambut di Riau hanya bisa dipadamkan oleh bantuan Allah SWT yaitu melalui hujan lebat yang diturunkanNya dari langit. Oleh sebab itu Gubernur mengimbau masyarakat melakdanakan Sholat Minta Hujan (Istisqa') memohon benar-bemar kepafa Allah SWT agar diturunkan rahmat hujan untuk memadamkan karhutla di Riau.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis Rabu (18/9/2019) adanya Peringatan Dini kepada siapa saja agar Waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan catatan petugas BMKG Stasiun Pekambaru Rqbu (18/9/2019), titik panas (Hotspot) update pukul 06.00 WIB Sumatera Level Confidence > 50 persen terdapat peningkatan titik panas sebanyak 1.313 titik tersebar di Bengkulu 1 titik, Jambi 484, Lampung 2, Sumbar 7, Sumsel 424, Sumut 6, Kepri 9, Babel 27, Riau 334 titik hotspot ( Bengkalis 10 titik, Kampar 18, Dumai 14, Kuansing 3, Pelalawan 93, Rohil 97, Rohul 1, Inhil 46, Inhu 52 titik panas.
 
Riau Level Confidence > 70 persen atau diyakini lahannya terbakar ada 205 titik api tersebar di Bengkalis 6 titik api, Kampar 6, Dumai 10, Kuansing 1, Pelalawan 61, Rohil 58, Inhu 36, dan Inhil 27 titik api.

Sekolah Masih Diliburkan

Sekolah mulai dari PAUD/TK, SD dan SMP Negeri/swasta di Kota Pekanbaru Riau Rabu (18/9/2019) hingga Kamis (19/9/2019) masih diliburkan karena bencana asap masih melanda Kota Pekanbaru dan sebagian besar Provinsi Riau.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H Abdul Jamal MPd menimbang dan melihat perkembangan kabut asap yang semakin parah dan belum kunjung membaik maka ada beberapa informasi yang perlu di sampaikan antara lain :
1.Libur siswa diperpanjang sampai hari Kamis tanggal 19 September 2019
2. Para guru dan orang tua harus turut memantau progres belajar siswa di rumah dengan tugas terbimbing.
3. Pengumuman ini bersifat tentatif, apabila cuaca membaik /hujan dan kabut asap menghilang maka akan diberikan pengumuman susulan.

Demikian pemberitahuan ini untuk dimaklumi. Terima kasih Pekanbaru, 17 September 2019.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H Abdul Jamal MPd.

Prakiraan Cuaca 

Prakiraan cuaca Provinsi Riau Rabu, 18 September 2019 Pagi hari tadi Cerah Berawan. Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

Siang hari Cerah Berawan. Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, tidak merata dan bersifat lokal, disebagian wilayah Kabupaten Rohul, Rohil, Siak, dan sebagian Kabupaten Bengkalis.

Sore - Malam hari Cerah Berawan. Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, tidak merata dan bersifat lokal, terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohul, Rohil, Siak, Pelalawan, Kampar, Kota Dumai, Kota Pekanbaru dan sebagian Kabupaten Bengkalis.

Dini hari Cerah Berawan. Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, tidak merata dan bersifat lokal, disebagian wilayah Kabupaten Rohil.

Sekolah mulai dari PAUD/TK, SD dan SMP Negeri/swasta di Kota Pekanbaru Rabu (18/9/2019) hingga Kamis (19/9/2019) masih diliburkan karena bencana asap masih melanda Kota Pekanbaru dan sebagian besar Provinsi Riau.

Suhu udara 22.0 – 33.0 °C. Kelembapan udara 55 – 95 persen. Angin dari Tenggara – Selatan/10 - 20 km/jam. Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5 – 1.0 meter.(*/azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar