BNPB Gandeng Universitas Riau Cegah Karhutla di Riau

BNPB Anggarkan Dana bagi Mahasiswa Cegah Karhutla

Di Baca : 1722 Kali
Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan sambutan dan arahannya di depan mahasiswa Universitas Riau (Unri) di Pekanbaru, Selasa (5/11/2019). BNPB akan menganggarkan dana bagi mahasiswa untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai tah

Pekanbaru, Detak Indonesia-- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan materi pada kuliah umum dengan tema "Solusi Permanen Bencana Asap" di Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Selasa (5/11/2019). Acara ini sebagai salah satu langkah dalam rangka mencari solusi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau yang terjadi beberapa waktu lalu.

Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan, "mahasiswa diharapkan bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat, dengan melakukan Kuliah Kerja Nyata langsung ke masyarakat," ucap Doni.

"BNPB memberikan dukungan kepada Universitas Riau (Unri) untuk penanggulangan karhutla di Riau, tahun depan kami menganggarkan dana bagi mahasiswa untuk melakukan KKN yang terkait dengan karhutla," tambah Doni.

Bencana asap tahun 2019 ini juga sangat berimbas negatif bagi Unri, Rektor Unri Aras Mulyadi, mengatakan Unri sempat diliburkan total selama 3 minggu akibat karhutla yang melanda Riau, oleh karena itu kami berharap adanya solusi karhutla secara permanen agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Gubernur Riau Syamsuar sekaligus Komandan Satgas Karhutla di Riau menyatakan, pada tanggal 31 Oktober 2019 kemarin status siaga darurat karhutla di Riau sudah dicabut.

"Ke depannya kami akan memberikan edukasi kepada seluruh pihak agar mencegah terjadinya karhutla demi kenyamanan masyarakat Riau," ucap Syamsuar.

Nazir Foead selaku Kepala Badan Restorasi Gambut dalam paparannya menjelaskan, salah satu cara untuk mengatasi karhutla di Riau yang mayoritas terjadi di lahan gambut, pihaknya membuat beberapa sekat kanal untuk menahan dan menampung air hujan agar kelembaban lahan gambut terjaga sehingga tidak mudah terbakar.

Sementara itu salah satu perwakilan mahasiswa yang hadir juga memberikan dukungan apa yang sudah dilakukan pemerintah.

"Kami mahasiswa siap diterjunkan menjadi relawan untuk membantu pemerintah dalam penangangan karhutla khususnya di Riau," ujar Presiden mahasiswa UNRI Syahfrul Ardi.

Data BNPB per 4 November 2019 pukul 16.00 WIB, luas lahan terbakar di Riau 75.871 ha, personel yang diturunkan sebanyak 6.259 personel dan 8 helikopter telah diturunkan untuk penanganan bencana karhutla di Riau.(azf) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar