tampung sawit dari kawasan hutan dan cemari lingkungan

Masyarakat Mengeluh Hadirnya PKS PT SIPP Rangau

Di Baca : 8268 Kali
Limbah Pabrik Kelapa Sawit PT Sawit Inti  Prima Perkasa (PT SIPP) dibuang ke Sungai Rangau Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau. (foto ist)

Pengakuan warga, selain mengganggu pernafasan, juga setiap pagi mesti menyapu teras rumah, yang terdapat vertikal abu hitam dan dikuatirkan merusak atap seng rumah.
 
Dari penelusuran tim media, PKS PT SIPP memiliki anak sungai (parit) yang airnya mengalir ke Sungai Rangau.

Diduga keras parit ini dimanfaatkan sewaktu-waktu sebagai sarana pembuangan limbah, di saat turunnya hujan,tim juga mengambil sample air yang berasal dari aliran parit milik perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan tidak adanya seekor ikanpun ditemukan di bagian sungai, yang dialiri air parit perusahaan tersebut. Dulu sebelum berdiri PKS ini, banyak ikan di Sungai Rangau, sekarang tak ada ikan lagi.

Namun mengarah ke hulu sungai, yang tidak dilintasi air limbah perusahaan ini, terlihat loncatan-loncatan ikan sungai yang terlihat banyak. Dari loncatan ikan yang terlihat, indikasi sungai tersebut Ikan masih layak hidup dan tidak tercemar.

"Sebelum keberadaan pabrik ini, ikan banyak di sepanjang sungai ini, masih alami, namun saat ini hanya tersisa di daerah yang tidak dilintasi air parit pabrik," sebut warga yang lagi bekerja di kebun sawit, bersepadan langsung dengan areal pabrik.(*/dic)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar