BNPB Ajak Pemko Padang Perkuat Mitigasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

Kota Padang, Beresiko Terkena Megathrust, Gempa dan Tsunami yang Cukup Besar

Di Baca : 711 Kali
Pantai Kota Padang, di Provinsi Sumatera Barat. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kawasan ini beresiko terkena megathrust, gempa dan tsunami yang cukup besar. (foto ist)

Padang, Detak Indonesia–Untuk penguatan mitigasi dan pencegahan bencana di Kota Padang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Sistem dan Strategi mengunjungi Gedung Putih Rumah Kediaman Wali Kota Padang pada Rabu (31/3/2021). Rombongan disambut hangat oleh Plt Wali kota Padang, Hendri Septa.

Plt Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Dr. Raditya Jati mengatakan, pemerintah daerah memiliki peran penting dalam hal mitigasi dan pencegahan bencana. Apabila Kota Padang dan seluruh daerah rawan bencana di Indonesia memiliki konsep terhadap resilliensi atau membangun ketahanan daerahnya, tentu risiko bencana dapat diminimalisir seminim mungkin. Baik itu risiko terhadap dampak korban jiwa, warga terdampak, kerugian sosial ekonomi, kerusakan infrastruktur, dan lain sebagainya.

"Kita akan memperkuat upaya-upaya apa yang harus dilakukan. Baik itu dalam hal komitmen, kebijakan, perencanaan, anggaran, termasuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di daerah. Seperti kali ini bagi Kota Padang," jelas Raditya Jati.

Plt Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Dr. Raditya Jati bertemu Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa, Rabu (31/3/2021) di Kota Padang



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar