Thailand, Vietnam, Tiongkok Mulai Kembangkan Tanaman Kelapa Sawit

Pemerintah RI Gandeng Gapki Riau Akselerasi PSR

Di Baca : 1593 Kali
Ketua GAPKI Riau, Jatmiko K Santosa menjelaskan asosiasi pengusaha perkebunan berupaya membantu pemerintah dalam akselarasi PSR di Bumi Lancang Kuning. (ist) 

Pekanbaru, Detak Indonesia--Kementerian Pertanian menggandeng Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Riau dalam upaya mempercepat peremajaan sawit rakyat (PSR) di Bumi Lancang Kuning Riau dengan memanfaatkan fasilitas pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 

"Kita harus satukan langkah, bergandengan tangan, bapak ibu di GAPKI juga sudah mulai membantu kami. Dan tentu yang belum bisa bergabung, dapat membantu petani plasma melaksanakan PSR menggunakan BPDPKS," kata Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Heru Widarto. 

Heru menyampaikan hal tersebut dalam seminar virtual yang diselenggarakan Gapki Riau, Jumat akhir pekan ini (25/6/2021). Seminar virtual tersebut mengangkat tema "Peran Perusahaan Perkebunan dalam Percepatan Pelaksanaan PSR". 

Heru mengatakan program PSR yang digulirkan pemerintah sejak 2017 silam itu memiliki tujuan yang sangat baik, terutama meningkatkan kesejahteraan para petani. Pemerintah, menurut Heru, menyadari bahwa cukup banyak petani yang bertahan hidup dengan mengandalkan tanaman sawit renta dan tidak lagi produktif. Kondisi itu diperparah dengan tanaman sawit yang kemungkinan besar menggunakan bibit sawit ilegitim dan tidak unggul. 

"Sehingga pemerintah menggulirkan PSR. Perlu diketahui bahwa luas sawit rakyat kita mencapai 6,94 juta hektare. Pemerintah melihat sekitar 2,8 juta hektare di antaranya perlu diremajakan," ujarnya. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar