Aktivitas Vulkanik Masih Tinggi

Gunung Merapi 20 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Di Baca : 1460 Kali
Gunung Merapi muntahkan awan panas guguran (APG) pada Jumat (20/8/2021) pukul 07.20 WIB. APG tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 64 milimeter dan durasi 158 detik. Jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya. (Foto Staf Pusat Data Informasi d

“Anggota BPBD segera turun ke lapangan untuk memberikan masker kepada warga,” imbuhnya.

Dari perkembangan data aktivitas vulkanik yang terjadi hingga hari ini, BPPTKG masih menyatakan status Gunung Merapi dalam keadaan Siaga atau Level III. Kondisi itu belum berubah sejak ditetapkan pada 5 November 2020.

Seluruh data yang dirangkum BPPTKG pada hari ini hingga pukul 18.00 WIB sekaligus menambah catatan mengenai kondisi Gunung Merapi yang masih memiliki tingkat aktivitas yang tinggi. Dalam hal ini tingkat kerawanan juga masih belum berubah, yakni pada radius 3 hingga 5 kilometer dari puncak merapi.

Pada kondisi tersebut, BPPTKG mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah dalam penanggulangan bencana Gunung Merapi agar melakukan upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan.

BPPTKG mengingatkan agar masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Di samping itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengantisipasi adanya gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar