Aktivitas Vulkanik Masih Tinggi

Gunung Merapi 20 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Di Baca : 1461 Kali
Gunung Merapi muntahkan awan panas guguran (APG) pada Jumat (20/8/2021) pukul 07.20 WIB. APG tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 64 milimeter dan durasi 158 detik. Jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya. (Foto Staf Pusat Data Informasi d

Hujan abu vulkanik Gunung Merapi selanjutnya juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dan Kecamatan Mojotengah di Kabupaten Wonosobo. Selain itu Kecamatan Temanggung, Kedu, Pringsurat, Bulu, Tlogomulyo, Kranggan dan Parakan di Kabupaten Temanggung juga terdampak abu vulkanik.

Guna mengantisipasi adanya dampak kesehatan akibat hujan abu vulkanik tersebut, BPBD setempat telah mengambil langkah antisipatif dengan memberikan masker dan mengimbau masyarakat untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah sementara waktu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi dalam keadaan aman. Edi juga meminta seluruh timnya agar terus bersiaga 24 jam penuh.

Di sisi lain, BPBD juga melaksanakan peran koordinasi dengan lintas instansi terkait dari berbagai wilayah tersebut guna mengantisipasi dan meminimalisir dampak dari potensi bencana dan segala sesuatu yang tidak diinginkan.

“Kondisi aman. Aktivitas masyarakat masih terpantau aman dan tidak terganggu. Kita tetap siaga 24 jam,” ujar Edi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar