mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker leher rahim

Yayasan Kanker Indonesia Karo Laksanakan Bakti Sosial Pemeriksaan IVA Test

Di Baca : 178 Kali
Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Karo melaksanakan bakti sosial pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test di Puskesmas Korpri Kecamatan Berastagi, Jumat, 10 September 2021. (Foto dok. Humas dan Protokol)

Berastagi, Detak Indonesia--Sebagai upaya mendeteksi dini demi mewujudkan wanita Indonesia khususnya Kabupaten Karo Sumut bebas kanker leher rahim, Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Karo melaksanakan bakti sosial pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test di Puskesmas Korpri Kecamatan Berastagi, Jumat, 10 September 2021.

IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama sehingga menjadi solusi terbaik sehingga masyarakat diharapkan dapat mengetahui cara mengantisipasi penyakit tersebut. 

Ketua YKI Kabupaten Karo, Ny Vera Rika Theopilus Ginting menyebutkan bahwa pelaksanaan IVA test ini sangat penting bagi kaum perempuan untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah pertumbuhan kanker serviks dan mulut rahim pada kaum perempuan. 

“IVA test tidak akan menimbulkan rasa sakit dan dinilai efektif mendeteksi dini kanker serviks,” ungkap Ketua YKI Kabupaten Karo.

Ketua Yayasan YKI, Ny Vera Rika Theopilus Ginting mengutarakan bahwa dengan adanya program ini memberikan edukasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo yang dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam pengendalian kanker dan menekan pertumbuhan kanker tersebut.

“Oleh sebab itu, bagi saudara yang melaksanakan pemeriksaan IVA test pada hari ini, diharapkan dapat menjadi corong bagi masyarakat bahwa pemeriksaan IVA Test tidaklah menakutkan seperti yang kita bayangkan,’’ ungkapnya.

Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program pertama YKI yang baru terbentuk di Kabupaten Karo sehingga dapat mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo. 

“Kami berharap kegiatan ini terus berkesinambungan, terutama untuk mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo, kami pemerintah siap mendukung kegiatan ini,” ungkap Wakil Bupati Karo. 

“Semoga kegiatan ini dapat berguna bagi masyarakat Karo, khususnya ibu-ibu yang menjalani pemeriksaan hari ini, apa yang menjadi imbauan pada pemeriksaan IVA test ini nantinya benar-benar dapat dijalankan karena ibu-ibu merupakan tonggak pembangunan yang dimulai dari keluarga,” lanjutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karo Hesti Maria Br Tarigan, Plt Camat Berastagi Ijin Gurusinga, Sekretaris YKI Kabupaten Karo Evi Mona Milala, TP PKK Kabupaten Karo dan Kecamatan Berastagi. (stm)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar