percepat peremajaan sawit rakyat

3.200 Petani Borong 708.277 Bibit Sawit Unggul PTPN V

Di Baca : 535 Kali
Petani sawit saat membeli bibit sawit unggul PT Perkebunan Nusantara V. Hingga saat ini, sedikitnya 3.200 petani sawit, baik dari Riau, maupun sejumlah provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Jambi menjatuhkan pilihannya pada bibit sawit unggul bersertifikat PTPN V. (ist)

Pekanbaru, Detak Indonesia--PT Perkebunan Nusantara V Riau mencatat sebanyak 708.277 bibit sawit unggul telah ludes terjual hanya dalam kurun waktu kurang dari tujuh bulan usai diluncurkan pada Februari 2021 lalu. 

Senior Executive Vice President Operation PTPN V, Ospin Sembiring, dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Jumat (10/9/2021) mengatakan tercatat sedikitnya 3.200 petani sawit swadaya dan yang tergabung dalam koperasi unit desa (KUD) non plasma PTPN V, baik dari Provinsi Riau maupun dari sejumlah provinsi tetangga memilih bibit sawit bersertifikat tersebut. 

Hingga kini, tersisa sekitar 370 ribu bibit unggul di sejumlah sentra siap untuk dilepas kepada para petani sebagai langkah mendukung percepatan peremajaan sawit rakyat. 

Ospin menuturkan respon petani sawit Riau sangat baik dengan terobosan anak perusahaan Holding Perkebunan PTPN III (Persero) itu dalam menyiapkan bibit sawit unggul bersertifikat. Apalagi, kini petani menghadapi dilema menyusul gempuran bibit sawit ilegitim atau palsu atau mariles di pasaran. 

"Animo sangat tinggi. Tidak hanya petani di Riau. Petani di Sumatera Barat dan Jambi juga ada yang membeli bibit. Alhamdulillah, sampai Agustus 2021 kemarin, sudah terjual 708.277 bibit. Sehingga dari total 1,5 juta bibit yang kita siapkan untuk dilepas ke masyarakat tahun ini, cuma tinggal 370 ribu lagi yang bisa dibeli petani swadaya," katanya. 



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar