Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia

Kolaborasi PTPN V Reboisasi Hutan Lindung Bukit Suligi

Di Baca : 371 Kali
Aksi tanam 5.000 pohon di Hutan Lindung Bukit Suligi yang diinisiasi PT Perkebunan Nusantara V melibatkan masyarakat, pemerintah, dan mahasiswa. Aksi tersebut dilakukan bersamaan peringatan Gerakan Hari Satu Juta Pohon Sedunia, 10 Januari 2022. (ist) 

Pekanbaru, Detak Indonesia--PT Perkebunan Nusantara V, Provinsi Riau, menggandeng mahasiswa pecinta alam, segenap lapisan masyarakat, perangkat desa hingga Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) melakukan penghijauan kembali Hutan Lindung (HL) Bukit Suligi yang kini mayoritas areal tutupannya telah berubah fungsi. 

Kawasan konservasi yang berada di Kabupaten Rokan Hulu serta Kabupaten Kampar, Riau, tersebut kini dalam upaya pemulihan setelah sekian lama mengalami perubahan peruntukan akibat penjarahan dan okupasi hingga berubah fungsi menjadi ladang dan perkebunan. 

"Untuk diketahui, sampai saat ini hutan yang tersisa di Bukit Suligi paling hanya tersisa 15 persen. Lainnya telah berubah fungsi," kata Penyuluh Kehutanan Muda Unit Pelaksana Tugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Suligi Batu Gajah DLHK Riau, Mulyanto di Pekanbaru, Senin (10/1/2022). 

Tepat di Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia yang diperingati setiap 10 Januari, PTPN V menyiapkan 5.000 bibit tanaman hutan dan buah-buahan. Seluruh bibit beragam jenis tanaman keras mulai dari rambutan, durian, jambu, matoa, mangga, jeruk, hingga kelengkeng itu ditanam serentak. 

Penanaman ribuan bibit yang merupakan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PTPN V tersebut dilakukan di sela-sela hutan yang rusak, serta di sekitar areal yang telah berubah fungsi menjadi kawasan perkebunan. 



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar