MINTA DIBERANGKATKAN KE NEGARA TUJUAN

Ratusan Imigran asal Timur Tengah Unjuk Rasa di Pekanbaru

Di Baca : 975 Kali
Unjukrasa imigran Timur Tengah ke Kantor IOM di Graha Pena Panam Pekanbaru, Riau, Senin (17/1/2022). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Ratusan Warga Negara Asing (WNA) asal timur tengah berunjuk rasa ke kantor organisasi internasional untuk migrasi atau International organizations for migration (IOM) di Gedung Graha Pena, Pekanbaru, Riau, Senin (17/1/2022). 

Mereka berasal dari negara konflik seperti Afghanistan, Sudan, Irak, Iran, Palestina. Mereka mengaku sudah bertahun-tahun mengungsi di Indonesia. Saat ini, mereka ingin ke negara tujuan, yaitu negara ketiga yang ditunjuk United Nations atau Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) seperti Australia, Kanada.

Imigran saat berunjuk rasa, mereka juga membawa anak-anak yang masih usia 4 tahun ke atas dan juga membawa bayi. Dengan bermodal karton dan keranda bertuliskan aspirasi melalui bahasa Inggris, mereka menduduki halaman luar kantor Graha Pena di Panam Pekanbaru, Riau di depan Kantor IOM Pekanbaru.

"Kami sudah terlalu lama di sini. Kami seolah tidak memiliki masa depan. Kami punya keluarga dan anak-anak. Tapi mereka tidak peduli dengan kami," ujar seorang pengungsi imigran dengan pengeras suara.

Negara tujuan yang diinginkan antara lain yakni Australia (Pulau Chrismas). Teman-teman mereka yang sudah berada di Pulau Chrismas Australia hidup sejahtera dengan gaji sekitar Rp8 juta/bulan bekerja di ladang peternakan. Sedangkan di penampungan di Indonesia hanya dapat sekitar Rp2,5 juta.

Melihat kondisi pandemi Covid-19, menyusul munculnya varian baru Omicron, imigran belum diizinkan masuk ke negara ketiga oleh negara penerima imigran.

Beberapa waktu lalu ratusan imigran ini berkemah di depan halaman Gedung Graha Pena Riau Pos (Jawa Pos Grup) ini. Setelah lama berkemah mereka bubar. Kini massa imigran ini kembali datang berunjukrasa menuntut diberangkatkan ke negara ketiga. Namun otoritas berwenang belum memberi jawaban.(azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar