KEMBANGKAN TANAMAN KOPI UNTUK EKSPOR

Sinergi PTPN V-PTPN XII Kembalikan Legenda Kopi Jawa

Di Baca : 700 Kali
CEO PTPN V, Jatmiko Santosa (tengah) memeriksa perkembangan tanaman kopi di perkebunan kopi PTPN XII, Jawa Timur. PTPN V Riau menjalin sinergi dengan PTPN XII Jawa Timur sebagai upaya mengembalikan legenda kopi jawa ke dunia internasional. (ist)

Pekanbaru, Detak Indonesia--PT Perkebunan Nusantara V, salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang bergerak di bidang agrobisnis perkebunan sawit dan karet yang beroperasi di Provinsi Riau bersinergi dengan PT Perkebunan Nusantara XII, Jawa Timur dalam pengembangan perkebunan kopi di Jawa. 

Sinergitas tersebut direalisasikan PTPN V yang baru-baru ini dinobatkan sebagai anak perusahaan perkebunan milik negara terbaik di Indonesia versi Infobank melalui pendanaan program investasi serta eksploitasi kerjasama operasional (KSO) perkebunan Kopi Arabika di Kawasan Ijen, yang merupakan salah satu komoditas utama PTPN XII di Jawa Timur. 

"Alhamdulillah, kita mendapat kepercayaan dari pemegang saham untuk terlibat mengembalikan legenda Java Coffee dalam upaya memenuhi permintaan kopi dunia," kata Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Senin (3/10/2022).

Ia menjelaskan melalui KSO yang disepakati langsung oleh Direktur PTPN V Jatmiko Santosa dan Direktur PTPN XII Siwi Peni medio 2022 lalu tersebut mencakup program investasi dan eksploitasi perkebunan kopi di Kebun Kalisat Jampit dan Kebun Blawan PTPN XII di lahan seluas 3.917 hektare.

Dalam program KSO yang berlangsung selama 10 tahun tersebut, PTPN V berkomitmen menanggung 100 persen biaya investasi yang dikeluarkan. Sementara beban biaya eksploitasi menjadi tanggungjawab kedua perusahaan. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar