ditopang produksi budidaya ikan patin dan produk turunannya

Punya Potensi Perikanan & Ekowisata, Desa Koto Masjid Binaan PHR Juara 1 Regional Lomba Desa 2023

Di Baca : 537 Kali
Potensi budidaya ikan patin dan produk turunannya dari Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar binaan PT Pertamina Hulu Rokan berhasil meraih Juara 1 Regional Sumatera dalam Lomba Desa 2023. (Dok. Humas PHR North)

Pekanbaru, Detak Indonesia – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan Riau turut mengantarkan Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau, menjadi Juara 1 regional wilayah I Sumatera Lomba Desa/Kelurahan 2023. Potensi desa tersebut dikenal sebagai lumbung perikanan, yang mana perekonomian masyarakat di wilayah tersebut ditopang oleh produksi budidaya ikan patin dan produk turunannya, yang pemasarannya hingga mancanegara.

PHR melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau untuk berperan strategis dalam pemberdayaan masyarakat dalam implementasi pengembangan desa wisata ini sejak pascaalih kelola. Kawasan yang biasa disebut Kampung Patin ini dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Desa 2023 regional Sumatera, berhasil mengungguli Desa Pujokerto Kabupaten Lampung Tengah sebagai juara II dan juara III Desa Mane Tunong Kabupaten Aceh Utara.

Ajang ini merupakan inisiasi dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memberikan penghargaan kepada 12 desa dan 12 kelurahan yang menjadi juara regional di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian dan diterima Penjabat Sekretaris Daerah Kampar, Ramlah dalam acara Temu Karya Nasional di Jakarta, Selasa malam (15/8/2023).

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pertemuan dan sharing serta menjadi media publikasi keberhasilan dari juara lomba desa/kelurahan tingkat provinsi dan tingkat regional seluruh Indonesia.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar