menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru

SMEXPO 2023, Bank Sampah Binaan PHR Berbagi Inspirasi kepada Masyarakat

Di Baca : 515 Kali
Penggerak Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok Rinwiningsih menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023, di Pekanbaru, Sabtu (19/11/2023). (Dok. Humas PHR)

Pekanbaru, Detak Indonesia – PT Pertamina Hulu Rokan terus berupaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Riau. Tidak hanya menjadi tulang punggung energi nasional, PHR memiliki misi sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat.  

Melalui pameran Pertamina SMEXPO 2023, PHR bersama UMKM binaan turut memberikan inspirasi bagi pengunjung yang hadir. Dalam sesi dialog UMKM, PHR menghadirkan penggerak Bank Sampah Agrowisata di Pondok Pesantren Ibnu Al Mubarok Rinwiningsih membagikan cerita suksesnya dalam mendaur ulang sampah menjadi pundi-pundi rupiah. 

Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok hadir dari sebuah kegelisahan atas penumpukan sampah organik dan anorganik pada 2020. Sebagai Pembina ponpes, Rini memulai dari hal kecil lewat program enterpreneurship dan life skill dengan melibatkan santri agar terbiasa mengelola sampah.  

Budaya bersih perlahan tertanam dari dalam diri santri sejak program bank sampah diluncurkan.

“Kami berikan edukasi bahwa sampah adalah tanggung jawab  kita bersama,” ungkapnya.  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar