PARKIR KENDARAAN DIRANCANG DI BAWAH TANAH, SEJUMLAH BANGUNAN DIRUNTUHKAN

Inilah Potret Lapangan Merdeka Medan yang Sedang Direvitalisasi

Di Baca : 20104 Kali
Foto atas suasana Car Free Day (CFD) di seputaran Lapangan Merdeka Medan sepertinya lebih ramai CFD di Jalan Sudirman Pekanbaru. Foto bawah Lapangan Merdeka Medan sedang direvitalisasi dibangun parkir bawah tanah di tengah lapangan hijaunya, Ahad (26/11/2023). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)
 

Central Park adalah taman umum yang luas di Manhattan, New York City. Luasnya 3,41 km² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.

Potret Lapangan Merdeka Medan Sebelum Direvitalisasi

Lapangan Merdeka Medan direvitalisasi mulai 4 Juli 2022 lalu. Sebelum itu ada agenda seremonial peletakan batu pertama. Maka dari itu Lapangan Merdeka Medan sudah dikosongkan 20 Juni 2022 Pemko Medan sudah menyiapkan tempat relokasi yang terdampak kegiatan revitalisasi Lapangan Merdeka tersebut.

Lapangan Merdeka ini sebelum direvitalisasi, di sebelah barat terdapat restoran, cafe, maupun toko makanan yang dikelola oleh Merdeka Walk. Ada 12 tenant yang berada di situ, seperti Mc Donald, Nelayan, Starbuck, dan lain-lwin.

Sejumlah tenant-tenant tersebut  direlokasi ke Taman Lili Suheri Medan yang berada di Jalan Listrik. Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan ada parkir di bawah tanah sebelah timurnya.

Di timur Lapangan Merdeka terdapat pedagang buku. Mereka dulunya berjualan di Titi Gantung, sebelum akhirnya dipindahkan ke Lapangan Merdeka. Sekarang ada Kopi Titi Gantung di sisi timur Lapangan Merdeka bersebelahan dengan Stasiun Kereta Api Medan.

Gedung London Sumatera Indonesia dekat Lapangan Merdeka Medan gaya arsitektur kolonial.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar