Memukau Penonton

Kerja Tahun Desa Gongsol Sukses Suguhi Tarian Tradisional Suku Karo Nias, dan Batak Toba

Di Baca : 853 Kali
Kerja tahun di Desa Gongsol selama dua hari dimeriahkan oleh tarian tradisional suku Karo, Nias dan Batak Toba, Ahad (26/11/2023). (Saritua Manalu/Detak Indonesia.co.id)

Gongsol, Detak Indonesia--Tradisi Guro Guro Aron Mburo Ate Tedeh/Kerja Tahun (Pesta Tahunan) yang diselenggarakan di seluruh wilayah Tanah Karo selain bertujuan untuk mempertahankan adat budaya suku Karo sekaligus sebagai ajang pererat silaturahmi tali persaudaraan antar warga desa dan tanda bersyukur kepada Sang Pencipta alam atas keberhasilan panen dari hasil kebun mereka dalam satu tahun itu. 

Tentunya dengan rasa syukur inilah Pemerintahan dan masyarakat Desa Gongsol, Kecamatan Merdeka melaksanakan pesta budaya panggung rakyat selama dua hari (25-26 November 2023) berturut turut dari pagi hingga malamnya dan diteruskan hingga paginya dengan menyuguhkan seni dan tari tarian budaya Karo asli plus tari creative yang mengusung thema "Mempererat Keragaman Budaya dan Melestarikan Budaya Antara Suku Di Desa Gongsol, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. 

Kepala Desa (Kades) Gongsol, Jon Pomen Surbakti yang mendukung dan memiliki andil dalam menggelar Kerja Tahun ini dengan menjunjung tinggi nilai-nilai adat budaya yang mengutamakan kearifan lokal. Dan Kades Gongsol juga sangat mengapresiasi panitia yang sukses dan penuh tanggung jawab melaksanakan kegiatan dari awal hingga usainya acara tersebut tanpa ada hambatan. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar