Upaya Tingkatkan Pariwisata di Riau

Pertamina Hulu Rokan Dukung Sertifikasi Pemandu Wisata

Di Baca : 837 Kali
Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau mendorong sertifikasi kompetensi pemandu wisata bagi kelompok sadar wisata di Riau. (Dok. Humas PHR)

Pekanbaru, Detak Indonesia --  PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan terus berupaya mendukung kemajuan sektor pariwisata di Provinsi Riau. Melalui program pengembangan Desa Wisata, PHR bersama mitra pelaksana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau mendorong Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata bagi kelompok sadar wisata di Riau.

Sertifikasi pemandu wisata merupakan bagian dari komitmen PHR dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) Riau dalam industri pariwisata. Hal ini diharapkan dapat mendukung pembangunan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat  khususnya di Desa Wisata binaan PHR.  

“Semoga kelompok sadar wisata menjadi lebih profesional, yang pada akhirnya dapat mendukung upaya pemerintah Provinsi Riau dalam mempromosikan potensi wisata ke tingkat nasional bahkan internasional,” kata Manager CSR Pertamina Hulu Rokan Pinto Budi Bowo Laksono.

Sertifikasi sekaligus Pelatihan Pemandu Wisata telah dilaksanakan selama tiga hari di Pekanbaru, pada 11 – 13 Desember 2023 lalu. Dalam kegiatan itu, peserta yang berjumlah 20 orang berasal dari sejumlah Desa Wisata binaan PHR juga mendapat pelatihan kiat mengelola potensi wisata di daerah masing-masing.

Kompetensi dan Sertifikasi Pemandu Wisata dilaksanakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo. Adapun materi yang dibahas di antaranya pembuatan laporan pemandu wisata, menangani situasi konflik, mengkuti prosedur kesehatan, keamanan dan keselamatan (K3), melakukan kerja sama dengan kolega dan wisatawan, mengembangkan dan memutahirkan pengetahuan pariwisata.  

Pemandangan alam menjadi potensi wisata di perbukitan sekitar kawasan Desa Wisata Kampung Patin, Desa Koto Masjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kampar, Riau.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar