Saat Kunjungan ke Ladang Warga, Bupati Karo Imbau Petani Wortel Gunakan Bibit Produksi Sendiri

Petani Karo Sulit Temukan Bibit Lokal Saat Ingin Menanam Wartel

Di Baca : 794 Kali
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama Kadis Pertanian Ir Metehsa Karo-Karo melakukan peninjauan di ladang petani wortel, dan imbau petani wortel menggunakan bibit produksi sendiri, Sabtu (20/4/2024). (Dok. Diskominfo Kab Karo)

Kabanjahe, Detak Indonesia-Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang melakukan kunjungan ke ladang petani wortel yang menggunakan bibit dari luar Kabupaten Karo di Desa Rumah Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (20/4/2024). 

Bupati Karo bersama dengan Kadis Pertanian Kabupaten Karo Ir Metehsa Karo-Karo melakukan peninjauan langsung ke ladang Musa Purba yang merupakan petani wortel yang menggunakan bibit wortel yang berasal dari luar Kabupaten Karo. Adapun alasan Musa Purba menggunakan bibit dari luar Kabupaten Karo karena sulitnya menemukan bibit lokal pada saat ia ingin menanam wartel. 

Bupati Karo mengimbau petani wortel untuk membuat bibit wortel sendiri, agar petani tidak mengalami kerugian nantinya. 

“Petani harus memilih bibit wortel yang jelas asal usulnya, dan jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan tidak terpengaruh dengan kelangkaan bibit lokal. Agar nantinya petani wortel bisa mendapat keuntungan yang lebih besar," ujar Bupati Karo. 

Kabupaten Karo memiliki bibit wortel varietas Gundaling yang sudah tersertifikasi dengan hasil produksi yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari warna sampai dengan ukuran wortel ketika dipanen," tambahnya. (stm)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar