Kepala BNPB Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Galodo Sumbar

Presiden Instruksikan Buat 56 Sabo Dam di Sekitar Gunungapi Marapi Sumbar

Di Baca : 996 Kali
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto SSos MM (rompi hijau dengan topi hitam) mendampingi Presiden Ir Joko Widodo meninjau lokasi terdampak banjir lahar hujan Gunungapi Marapi (galodo) di Nagari Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Selasa (21/5/2024). (Dok. BNPB)

Agam, Detak Indonesia -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto SSos M, mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo meninjau lokasi terdampak banjir lahar hujan atau galodo di wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Selasa (21/5/2024).

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari Ph D, rangkaian kunjungan kerja Presiden dimulai dengan meninjau salah satu lokasi terdampak yaitu Nagari Bukit Batabuah. Di Nagari ini, Presiden beserta rombongan melihat secara langsung rumah warga yang rusak dikarenakan terdampak banjir lahar hujan Gunungapi Marapi yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) yang lalu.

Presiden juga meninjau salah satu sungai yang memiliki hulu di Gunungapi Marapi, serta melihat proses pembersihan material yang terbawa banjir lahar dingin.

Berdasarkan data terdampak di Nagari Bukit Batabuah yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam hingga Senin (20/5/2024), terdapat sembilan orang meninggal dunia, rumah rusak berat 23 unit, rusak sedang empat unit dan rusak ringan 23 unit.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo, menuju ke lokasi pengungsian, bertempat di Lapangan Batu Taba tidak jauh dari lokasi pertama.

Sejumlah alat berat digunakan mengambil sisa material yang tertimbun di dalam sungai yang ada di  di Nagari Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Selasa (21/5/2024). (Dok. BNPB)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar