PHR mengangkat fluida sebagai bagian dari produksi migas

Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi

Di Baca : 846 Kali

Pekanbaru, Detak Indonesia – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai perusahaan hulu migas Subholding Upstream Pertamina, berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam menjalankan operasinya. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan mengelola air terproduksi di WK Rokan secara bertanggung jawab melalui terobosan inovasi lahan basah atau wetland.

Dalam menjalankan operasi, PHR mengangkat fluida sebagai bagian dari produksi migas, di mana kandungannya terdiri sebagian besar air dan sebagian lainnya berupa minyak, pasir dan gas. Maka dari itu, perlu dilakukan pengelolaan terhadap fluida dengan tepat agar air terproduksi fluida tersebut bisa kembali bermanfaat dan ramah lingkungan.

Inovasi pengelolaan air terproduksi ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam forum KTT World Water Forum ke-10 di Bali, di mana pemerintah mengangkat empat inisiatif baru Indonesia untuk menjaga kelestarian air. Salah satu inisiatif tersebut adalah penetapan Hari Danau Sedunia (World Lake Day).

"Melalui forum ini Indonesia mengangkat empat inisiatif baru yaitu penetapan world lake day, yang kedua pendirian center of excellence di Asia Pasifik, yang ketiga tata kelola air berkelanjutan di negara pulau kecil, dan yang keempat penggalangan proyek-proyek air," kata Jokowi dalam High Level Meeting KTT WWF ke-10 di Bali, yang disiarkan langsung YouTube Setpres, Senin (20/5/2024).

"Air bukan sekadar produk alam, tetapi merupakan produk kolaborasi yang mempersatukan kita sehingga butuh upaya bersama untuk menjaganya," lanjut Jokowi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar