SETELAH DUA WARGA DITERKAM

Tim Gabungan Dibentuk Tangkap Harimau Sumatera

Di Baca : 1533 Kali
Tim gabungan penangkapan Harimau Sumatera yang telah menerkam mati dua warga telah dibentuk di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau, Rabu (14/3/2018). (Foto Humas BBKSDA Riau)

Tembilahan,  Detak Indonesia--Hasil rapat  penanggulangan konflik Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Simpang Kanan, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau Rabu (14/3/2018) menghasilkan beberapa catatan. 

Rapat dipimpin Pjs Bupati Indragiri Hilir Rudyanto dan dihadiri Kepala Balai Besar KSDA Riau, Kapolres Indragiri Hilir, Dandim,  Kapolsek Pelangiran, Camat Pelangiran, Kades Tanjung Simpang, Kadus Kampung Danau (TKP) dan warga masyarakat, WWF, Yayasan Asari, PKHS, PT APP dan PT THIP.

Dalam rapat ini dibentuk  tim terpadu yang akan ditempatkan pada dua posko siaga (posko Kampung Danau dan posko Eboni) yang beranggotakan Balai Besar KSDA Riau, WWF.  Posko kedua PKHS,  FKH  PT Arara Abadi, Polres Inhil, Kodim, BPBD, Warga Kampung Danau.

Posko mulai diaktifkan Kamis, 15 Maret 2018  sampai dengan tujuh hari ke depan. Upaya yang dilakukan tim ditujukan untuk penangkapan dan evakuasi Harimau Sumatera ke pusat rehabilitasi serta berupaya melakukan penenangan terhadap masyarat yang berada di lokasi dengan meneruskan langkah-langkah yang sudah berjalan selama ini yang dilakukan tim di bawah koordinasi dari Balai Besar KSDA Riau serta melakukan langkah untuk menambah efektifitas operasi ini di antaranya penembakan obat bius (akan dilakukan penambahan obat bius dan alatnya diusahakan hari Kamis,  15 Maret 2018 direncanakan sudah sampai ke lokasi).

Optimalisasi penggunaan boxtraf dan perangkap lain yang terkendali, merangkul dan melibatkan masyarakat dalam upaya penangkapan dengan tetap dikoordinasikan dalam tim dan masuk dalam anggota tim.

Penambahan personil Polri dan TNI dalam setiap kegiatan. Segala aktivitas penyelamatan Harimau Sumatera "Bonita" akan selalu dikoordinasikan dalam tim terpadu yang akan dikoordinasikan oleh Balai Besar KSDA Riau.(*/rls) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar