PETANI SAWIT TUNTUT KE MA

Dana Sawit untuk Perusahaan Besar Terus Disorot

Di Baca : 6154 Kali
Foto Ist

Nilai subsidi untuk perusahaan sawit lainnya adalah Darmex Agro Group (Rp915 miliar) dengan setoran juga kecil sekali yak i Rp27,58 miliar namun dapat kucuran dana besar,  Musim Mas (Rp1,54 triliun) dengan setoran Rp1,11 triliun, First Resources (Rp479 miliar) dengan setoran cuma Rp86,95 miliar, dan LDC (Rp410 miliar) sebesar setorannya hanya Rp100,30 miliar.

Ada terdapat selisih nilai yang relatif besar untuk para konglomerat sawit tersebut, sebut Darmawi. Ini terdiri dari Rp2,84 triliun (Wilmar Group), Darmex (Rp887,64 miliar), Musim Mas (Rp421,56 miliar), First Resources (Rp392,61 miliar), dan LDC (Rp309,83 miliar).

Menurut Darmawi, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang diteken oleh Presiden Jokowi itu, diatur tentang penggunaan dana tersebut. 

Dalam Pasal 11 ayat (1) dinyatakan dana yang dihimpun adalah untuk pengembangan sumber daya manusia; penelitian dan pengembangan perkebunan sawit; promosi perkebunan kelapa sawit; peremajaan tanaman perkebunan; serta prasarana perkebunan sawit.

Sedangkan pada ayat (2) dijelaskan bahwa penggunaan dana itu juga dipakai untuk kebutuhan pangan, hilirisasi industri dan pemanfaatan bahan bakar nabati jenis biodiesel. Ayat selanjutnya menyatakan BPDPKS dapat menentukan prioritas penggunaan dana berdasarkan program pemerintah dan kebijakan Komite Pengarah.

BPDPKS sendiri menyatakan penggunaan dana terbesar masih dialokasikan untuk biodiesel, yakni mencapai 89 persen. Sedangkan untuk peremajaan sawit, pengembangan SDM hingga perencanaan-pengelolaan masing-masing hanya satu persen.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar