BONUS BUKAN HAK NORMATIF

Karyawan PT Inecda Mogok, Tuntut Bonus 250 Persen

Di Baca : 10779 Kali

Rengat, Detak Indonesia--. Pemberian bonus dari pihak perusahaan dalam hal ini PT Perkebunan Kelapa Sawit Inecda Plantation Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat, Inhu, Riau, kepada karyawan bukanlah hak normatif (Kewajiban).

Karena perusahaan mampu memberikan bonus kepada karyawannya dikarenakan perusahaan itu mengalami keuntungan dalam tahun berjalan selama menjalankan operasional perusahaan, jika perusahaan tidak mengalami keuntungan dalam menjalankan usahanya dalam tahun berjalan itu, apa yang mau diberikan kepada karyawan yang namanya bonus itu.

Humas PT Inecda,  Joko Dwiyono

Tidak sama halnya dengan Tunjangan Hari Raya (THR), yang sudah diatur dalam aturan Kementerian Tenaga Kerja bahwa THR itu adalah hak normatif, mau tidak mau, suka tidak suka perusahaan wajib memberikan THR kepada semua karyawannya, jangan samakan dengan bonus.

Demikian dipaparkan GM PT Inecda, Khamdi melalui Kabag HRD, Khairul SE didampingi Humas PT Inecda, Joko Dwiyono dikonfirmasi awak media Detak Indonesia terkait ratusan karyawan PT Inecda mulai hari ini Senin (7/5/2018) melakukan aksi mogok kerja, meski mogok kerja yang dilakukan tidak melakukan aksi berupa apapun, para karyawan hanya berdiam diri di rumah mereka masing masing dan sama sekali tidak bekerja.

Ditambahkan Khairul, bahwa sebagaimana mengacu kepada Permen Ketenagakerjaan No.28 Tahun 2014 tentang tata cara pembuatan dan pengesahan PP serta pembuatan pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode tahun 2017-2019 Pasal 32 jelas dibunyikan sbb :

1.Pemberian Bonus adalah hak mutlak perusahaan, 2. Sistem perhitungan besarnya bonus dan waktu pemberian bonus ditetapkan oleh perusahaan. 3. Perusahaan dapat memberikan bonus sesuai dengan performent, keadaan serta kemampuan keuangan perusahaan. 4.Setelah bonus ditetapkan oleh management maka perusahaan memberitahukan kepada sarikat pekerja.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar