HUT KE-506 BENGKALIS

Digelar Permainan Tradisional Gasing Bengkalis

Di Baca : 8140 Kali
Permainan gasing digelar di Bengkalis Riau Minggu (29/7/2018) memeriahkan Hari Jadi Bengkalis ke 506 tahun.(TA Devonny/Detak Indonesia.co.id)

Bengkalis, Detak Indonesia-- Gasing merupakan permainan tradisional bagi masyarakat Melayu Riau, khususnya masyarakat yang berada di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Hingga sampai saat ini permainan gasing masih banyak digemari oleh masyarakat yang berada di pedesaan. Permainan gasing adalah salah satu permainan tradisional yang tertua yang ada di masyarakat Melayu, Provinsi Riau.

Dalam rangka menyambut perayaan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis yang ke-506 Tahun, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar beberapa perlombaan permainan tradisional rakyat, salah satunya yaitu permainan tradisional gasing. Selain untuk merayakan hari jadi Bengkalis, kegiatan ini diselenggarakan guna melestarikan budaya permainan tradisional rakyat ke generasi muda (penerus). Dimana kegiatan ini di fasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Kabid Olahraga Bengkalis Tirtha AK ST MT

Saat ditemui di lokasi pertandingan gasing yang diadakan di lapangan volley Ball yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Damon, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pada Minggu (29/7/2018), Kabid Olahraga Bengkalis Tirtha AK ST MT, menjelaskan selaku Kabid Olahraga dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, pertandingan gasing ini merupakan dalam rangka menyambut ulang tahun Bengkalis yang ke- 506 Tahun.

Adapun tujuan diadakan olahraga tradisional ini adalah untuk mengenalkan atau mengenang, jangan sampai olahraga tradisional ini terlupakan oleh anak-anak generasi yang muda ini, biar tahu bahwa olahraga ini bisa dikembangkan ke depannya. "Harapan saya olahraga ini bisa berkembang menjadi olahraga yang bermasyarakat," ungkapnya.(dev)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar