Loading...
MENGENAL SOSOK YULIVER ALIAS IPENG SIAK

Dari Babinsa menjadi Caleg

Di Baca : 438 Kali
Yuliver alias Ipeng Siak

Oleh: Adifa, Wartawan Detak Indonesia

Siak Sriinderapura, Detak Indonesia -- Langkah, Rezeki, Pertemuan hingga Maut siapa yang tahu. Tetapi tidak bagi Yuliver alias Ipeng Siak mantan Babinsa Kota Siak, Riau ini. Usai melepaskan kedinasannya (Pensiun) di TNI AD, Kamis 20 Desember 2018. Kini dia mulai menapaki dunia politik, jadi calon anggota legislatif di Kabupaten Siak, Riau.

Dalam keyakinan hatinya, tersulut berbagai keinginan untuk tetap mengabdi kembali kepada masyarakat, dengan keyakinan yang penuh, akhirnya Ia pun memutuskan di masa pensiunan untuk masuk ke Ranah Politik. Ia menilai, dirinya masih kuat dan mampu memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

Di tahun 2018 ini, Yuliverpun memutuskan dirinya untuk bergabung di salah satu Partai Politik, dan menjadi Kader Politik calon legislatif (caleg) yaitu, Partai Gerindra. Tentunya itu merupakan salah satu keputusan yang sangat matang yang Ia ambil.

Meskipun pendatang baru di kancah dunia politik, dengan modal semangat serta kerja keras yang dimiliki telah Ia miliki, Ia pun siap menghadapi tantangan yang akan dihadapinya selaku Caleg di periode 2019 - 2024.

Secara mental, Ia sudah tidak bisa diragukan lagi. Apalagi Ia adalah pensiunan TNI AD. Dunia politik baginya sudah tidak asing lagi, meskipun Ia pendatang baru di dunia politik, tidak sedikitpun Ia memiliki keraguan dalam menghadapi pesta demokrasi yang sudah di ambang pintu itu.

Ia merupakan sesosok pekerja keras, memiliki kepedulian kepada sesama, bersosial tinggi, cerdas, berwibawa, suka bergotong royong dan sangat humanis bila bersama masyarakat. 

Dalam berpolitik, Ia mengusung tema "Maju untuk Bersama, Siap Mengawal Aspirasi Masyarakat" dan Ia pun siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Siak. Khususnya Daerah pemilihan Dapil I yang Ia miliki. Yaitu, Kecamatan Siak, Kecamatan Bunga Raya, Kecamatan Sei Apit, Sabak Auh, Kecamatan Mempura dan Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak.

Sekilas Informasi tentang Yuliver alias Ipeng Siak yang berhasil dirangkum awak media Detak Indonesia. Saat ini, Ia sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Legislatif periode 2019 - 2024 dengan Nomor Urut 09 dari Partai Gerindra Dapil I Kabupaten Siak, Riau.

Secara keturunan, Yuliver berdarah keturunan Batak Mandailing dan Minang. Lahir di Sumatra Barat pada 31 Juli 1964, pendidikan dan karirnya selama bertugas di TNI AD terbilang cukup gemilang hingga pensiun.

Yuliver alias Ipenk Siak sangat dikenal dekat oleh masyarakat yang ada di Kota Kabupaten Siak, khusus di Kecamatan Siak. Semasa dinas di wilayah Hukum Kodim 0303 Bengkalis, Yuliver dipercayai Kesatuan TNI AD menjadi Babinsa di Kota Kecamatan Siak. 

Sejak 1994, awal menjabat Sersan Satu (Sertu) TNI, Yuliver dipercaya menjadi Babinsa hingga pensiun di Kota Kecamatan Siak, kini Yuliver sendiri sudah menjadi masyarakat Siak itu sendiri, dengan lama pengabdian tugasnya selama 20 tahun, Yuliver sendiri merasakan jiwa dan raganya ada di Kabupaten Siak. 

Pendidikan awal Yuliver sendiri, SD Rao Pasaman Timur selesai pada 1976, lanjut SMP Rao Pasaman Timur dan tamat pada  1980, kemudian SMA I Lubuk Sikaping Pasaman dan tamat pada 1983.

Kemudian Yuliver mencoba adu nasib dengan melamar TNI AD dan lulus Secata Infanteri pada 1984, setelah lulus, Yuliver dinas di YONIF 132/Bima Sakti Salo Bangkinang Riau. Pada 1994 Yuliver melanjutkan pendidikannya dengan masuk Secaba Regter TNI AD dan lulus pada 1994 di Rindam I Bukit Barisan Siantar Medan Sumatra Utara.

Selepas pendidikan yang diarunginya selama 4 bulan, Yuliver ditugaskan ke Koramil 03/Siak/Kodim 0303/Bengkalis. Sejak 1994 Yuliver mulai mengabdikan dirinya di Kecamatan Siak yang dipercayai sebagai Babinsa Kota Siak. Pada masa itu, Kecamatan Siak masih di bawah naungan Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sejalannya waktu, pada 1999 terjadi pemekaran Kabupaten Bengkalis, namun Yuliver tetap dipercayai TNI AD selaku Banbinsa di Kecamatan Siak, meskipun Kecamatan Siak resmi menjadi Kota Kabupaten sendiri yang saat ini di sebut Kabupaten Siak. 

Tidak pernah Ia sangka, Yuliverpun tetap dipercayai TNI AD selaku Babinsa di Kota Kecamatan Kabupaten Siak meskipun sudah menjadi Kota Kabupaten, Yuliverpun berkarir menjadi Babinsa hingga berakhir dengan Pensiun dari TNI AD pada 2017 lalu.

Adapun prestasi yang pernah diraih selama bertugas di TNI AD, Yuliver berhasil memboyong lima penghargaan terbaik TNI AD, terdiri dari, Satya Lencana Seroja TIM - TIM pada 1989. Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun dari TNI AD. Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun dari TNI AD. Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun dari TNI AD dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararia dari TNI AD.

Tanpa Ia menyadari, pengabdiannya menjadi Personel TNI AD telah menghabiskan waktu selama 33 tahun, guna mengabdi kepada Bangsa dan Negara, itu semua merupakan suatu kebanggaan dirinya selaku Putra terbaik Rakyat Indonesia. 

Di Kota Siak sendiri, tentu berbagai pengalaman Ia dapatkan selama bertugas menjadi Babinsa di Kota Kecamatan Kabupaten Siak, Yuliver alias Ipeng Siak dikenal dekat dengan masyarakat Siak, dan sangat humanis, hingga hari ini, Ia sendiri sudah menjadi masyarakat Siak.

Saat Yiliver alias Ipeng Siak itu ditanyai tentang kesiapannya serta visi misinya oleh awak media Detak Indonesia di salah satu kedai kopi yang ada di Kota Kabupaten Siak, Ia menyebutkan," Saya ikuti dunia politik saat ini berawal dari panggilan hati nurani saya, dan ini semua sudah saya pikirkan secara matang," jawabnya.

"Akhinya saya memutuskan untuk masuk ke kancah politik guna mengabdikan diri saya kepada masyarakat, tentunya dengan harapan mampu mengawal segala aspirasi masyarakat dalam membangun Negeri Siak yang saya cintai ini," singkat Yuliver.(***)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar