Loading...
TERANCAM PENCEMARAN, BERBAGAI ELEMEN DIKERAHKAN

Wali Kota Pekanbaru dan ASN Gelar Aksi Bersih Sungai Siak

Di Baca : 511 Kali
Wali Kota Pekanbaru H Firdaus MT dan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan aksi bersih-bersih Sungai Siak Pekanbaru bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pekanbaru dan instansi lainnya Kamis (20/6/2019).( Foto Ist)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Waki Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT bersama ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6/2019) mulai pukul 7.30 WIB di tepian Sungai Siak, Pekanbaru. Aksi bersih ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-235 Kota Pekanbaru.

Aksi bersih dimulai dari Masjid Nurul Iman, Rumah Singgah Tuan Kadi, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Riau. 

Dalam aksi bersih DAS Sungai Siak nampak Wali Kota Firdaus MT dan ASN membersihkan sejumlah sampah termasuk eceng gondok yang berkembang biak pesat di permukaan aliran Sungai Siak yang menutup alur transportasi kapal. Menurut warga eceng gondok ini dulunya ada yang hanyut dari hulu dari muara Sungai Tapung dan masuk ke Sungai Siak.

Dalam.aksi bersih DAS Sungai Siak Pekanbaru ini ikut seluruh instansi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai Sumatera III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, dan berbagai elemen masyarakat.

Menurut Wali Kota Firdaus MT, aksi bersih sungai Siak bukan hanya seremonial, tapi aksi ini dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang DAS Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih Sungai Siak.

Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Kota Pekanbaru. Sungai Siak saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan.

Sungai Siak dalam sejarahnya terkenal sebagai sungai terdalam di Indonesia, tapi Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis, rawan luaoan banjir, longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

Salah satu yang mencemari Sungai Siak yaitu sampah organik dan non organik serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok yang kini berkembang biak cukup pesat.

Dalam aksi bersih DAS Sungai Siak, Kamis pagi (20/6/2019), nampak Wali Kota Firdaus MT dan jajaran bertungkuslumus mengutip sampah organik dan anorganik yang hanyut di atas perairan Sungai Siak seperti sampah plastik, kumpulan eceng gondok, dan lain-lain. (*/di)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar