Loading...
Program Peremajaan Sawit Rakyat Nasional di Riau

Kadis Kagum Sawit Pasca Replanting Tumbuh Subur

Di Baca : 434 Kali
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ir Ferry HC mendapat keterangan dari Ketua KUD Bangkit Usaha Makmur Khoirum, Selasa (23/7/2019) saat meninjau kebun sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang tumbuh subur ditanam akhir 2018 lalu dan ada yang sudah berbuah dompet dan buah pasir. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Kabun, Detak Indonesia--Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ir Ferry HC didampingi Stafnya Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Ir Dedih Hermawan meninjau kebun sawit mandiri KUD Bangkit Usaha Makmur Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (23/7/2019).

Kebun sawit yang ditinjau ini ditanam akhir 2018 lalu seluas 857 ha oleh kontraktor replanting PT Buana Orbit Sejahtera (PT BOS) pimpinan Alexander Pranoto dan Antoni dan sawit tersebut kini tumbuh subur. Kadis Ir Ferry HC menyatakan rasa senang, bangga dan kagum melihat pertumbuhan sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini tumbuh subur menggunakan bibit unggul bersertifikat. Sementara tanaman sela seperti semangka dan labu serta jagung sudah panen dan telah dinikmati petani.

Rombongan Kadis Ir Ferry HC diterima Ketua KUD Bangkit Usaha Makmur Khoirum  jajarannya serta rekanan kontraktor replanting sawit dari PT Buana Orbit Sejahtera (BOS) Alexander Pranoto dan Antoni.

Dalam pertemuan di ruang KUD Bangkit Usaha Makmur, Ir Ferry HC memberikan masukan kepada jajaran KUD agar sawit yang sudah ditanam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari dana BPDPKS ini dirawat dengan baik. KUD bermitra dengan bapak angkat PT Rohul Sawit Industri (RSI) sebagai penampung tandan buah segar (TBS).

Ketua KUD Bangkit Usaha Makmur Khoirum menjelaskan jajarannya sangat berterima kasih atas kunjungan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Riau Ir Ferry HC dan rombongan. Khoirum dan jajaran menegaskan akan berupaya memajukan koperasi dan anggotanya. Akan berupaya mengumpulkan modal koperasi untuk membeli lahan baru dan bersama oftaker/mitra PT RSI berussha membangun pabrik kelapa sawit (PKS).

Kebun sawit KUD Bangkit Usaha Makmur yang baru ditanam bibit sawit unggul ini menjadi pilot project penanaman sawit model plasma dan mandiri di Provinsi Riau bahkan menjadi percontohan Nasional karena berhasil sukses tumbuh subur. Baru berusia 8 bulan sudah berbuah dompet. Sejumlah kelompok tani, pengurus KUD dari daerah lain banyak belajar atau studi banding ke lokasi ini.(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar