TEROBOSAN BARU PARIWISATA

Ada Rusa dan Kambing Hitam di Ekowisata Rimbang Baling

Di Baca : 5417 Kali
Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling di Kecamatan Kamparkiri Kabuoaten Kampar Riau, 80 km sebelah selatan Kota Pekanbaru kini jadi objek Ekowisata yang ramai dikunjungi.

Total panjang jalur interpretasi tersebut, yang masuk dalam kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling adalah sepanjang 29,5 km dan jalur Kota Lama sampai Sungai Santi sepanjang kurang lebih 7 km, dengan puluhan jembatan gantung diharapkan akan mempermudah masyarakat luas untuk menikmati keindahan alam hutan tropis Sumatera.

Satwa langka liar di kawasan ini masih bisa ditemukan seperti rusa hutan dan kambing hitam. Rusa hutan ini populasinya tersebar di Desa Aur Kuning sedangkan kambing hitam di kaki-kaki bukit Rimbang Baling. Kambing hitam ini cukup unik, dia bisa memanjat bukit terjal disitu walaupun pijakannya sedikit dan tak jatuh.

"Ada rencana populasi rusa hutan di Desa Aur Kuning itu nantinya dilakukan penangkaran/dipeliharaliarkan oleh warga tempatan sebagai objek wisata bagi wisatawan untuk melihat-lihat keunikan satwa Rimbang Baling ini," tambah Hansen.

Jalur inipun menjadi akses darat masyarakat setempat yang sebelumnya hanya terbatas transportasi melalui jalur sungai, ditambah masuknya jaringan listrik PLN merupakan sarana dan prasarana yang sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi kerakyatan. Tahun 2020 ini, Balai Besar KSDA Riau telah mengalokasikan bantuan kemitraan konservasi pada 6 desa penyangga di sepanjang Sungai Subayang dan akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat dalam pengembangan ekowisata. Begitu juga melalui APBD Kabupaten Kampar maupun Telkomsel ikut membantu anggaran untuk membangun dan memajukan ekowisata Rimbang Baling. 

Pihak PLN juga akan membantu membangun jembatan gantung.Telkomsel juga sedang survei akan menempatkan menara telkomsel agar sinyal telepon selular bisa terjangkau di desa terpencil lokasi wisata yang bakal berkembang ini. Pemkab Kampar juga sudah mengalokasikan anggaran puluhan miliar untuk pengembangan ekowisata Bukit Rimbang Bukit Baling ini.(azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar