TEROBOSAN BARU PARIWISATA

Ada Rusa dan Kambing Hitam di Ekowisata Rimbang Baling

Di Baca : 5414 Kali
Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling di Kecamatan Kamparkiri Kabuoaten Kampar Riau, 80 km sebelah selatan Kota Pekanbaru kini jadi objek Ekowisata yang ramai dikunjungi.

Konsep ekowisata ini di Riau sendiri belum terlalu banyak digeluti oleh pegiat pariwisata, kata Hansen Kepala Bidang (Kabid) Wilayah I Bukit Rimbang Baling KSDA Riau kepada Detak Indonesia.co.id dan RiauPagi.com dalam bincang-bincang Jumat (14/2/2020).

Namun menurutnya pertanian urban yang dimaksud adalah mempertemukan wisatawan dengan komunitas lokal untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, untuk mewujudkan kehidupan yang ramah lingkungan.

"Diperkirakan pada tahun 2025, kawasan Riau akan memiliki sektor pariwisata yang berkualitas mengingat keragaman budaya dan alam yang dimilikinya. Hal ini bisa terwujud asalkan berkomitmen kepada pengembangan pariwisata berkelanjutan. Bahkan hal ini bisa sangat berdampak pada aspek sosial ekonomi warga sekitar," ujar Hansen.

Hansen berpendapat, para pelaku wisata dalam menggarap ekowisata bisa melakukan proyek bisnis. "Ekowisata adalah contoh nyata bagaimana bisnis bisa bersahabat dengan alam. Konsep bisnis yang tepat diaplikasikan adalah yang berbasis pada komunitas, sehingga aset-aset dalam ekowisata bisa terus terjaga," katanya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar