Laksanakan Circular Ekonomi

Di PTPN V, Menristek Resmikan Pemanfaatan Listrik dari Pembangkit Listrik Biogas

Di Baca : 3758 Kali
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang PS Brodjonegoro PhD didampingi Direktur Utama PTPN V Riau Jatmiko K Santosa, Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, meresmikan pemanfaatan listrik produksi pembangkit listrik bertena

"BPPT punya riset, kajian, SDM, teknologi, dan peralatannya, sedangkan kita memiliki potensi limbah sawit yang sangat besar, yang berasal dari hasil olah pabrik kelapa sawit berkapasitas 575 ton tandan buah sawit per jam. Untuk Itu PTPN V mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang melalui BPPT telah memberikan dukungan secara langsung bagi proses produksi PTPN Group khususnya PTPN V," ujar Jatmiko.

Sementara itu Menteri Riset dan Teknologi Prof Bambang PS Brodjonegoro PhD menyebutkan ketersediaan listrik secara mandiri oleh PTPN V selaras dengan konsep circular ekonomi.

"PTPN V dapat menekan biaya produksi, sementara limbah dapat diatasi sehingga daya beli tandan buah segar juga meningkat. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat juga tumbuh positif dan berbanding lurus dengan daya beli," ungkap Menteri.

"Dan yang paling saya garis bawahi adalah aplikasi circular ekonomi atau ekonomi yang tidak ada ujungnya. Karena yang kita pelajari selama ini yang konvensional akan berujung pada sesuatu yaitu limbah," ujarnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar