LAUNCHING DASHBOARD LANCANG KUNING NUSANTARA

Kapolri : Ada 44 Pelaku Karhutla Ditindak

Di Baca : 2667 Kali
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan keterangan pers kepada wartawan usai meresmikan aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara di Gedung Daerah Riau di Pekanbaru, Senin (9/3/2020). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

"Dengan ini saya akan cari posisi Kapolda Riau ini yang baik. Sudah 44 penegakan hukum jangan takut luruskan jalan tegakkan hukum baik itu masyarakat ataupun korporasi," tegas Kapolri Idham Aziz.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang telah membangun aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara.

Aplikasi ini kata Panglima TNI bisa memantau deteksi karhutla menggunakan indra jarak jauh. Dulu biasanya informasi terlambat. Dengan adanya informasi didapat secara realtime di aplikasi Dashboard Lancang Kuning ini di mana hotspot berada. Dengan adanya deteksi dilakukan pengecekan lapangan ada dan dilakukan eksekusi kalau memang ditemukan titik api. Di lapangan ada Kapolsek, Danramail, BPBD, masyarakat, dan lain-lain.

"Apakah itu lahan gambut, batubara, dari hutan yang sedang terbakar akan bisa dideteksi dini. Sehingga dibutuhkan sinergi di lapangan baik Polri, TNI, BPBD, masyarakat lainnya. Lalu dilanjutkan eksekusi satu kesatuan komando, di sini memerlukan SDM, alutsista, perlu pesawat terbang, pompa air, traktor, dan lain-lain," ujar Panglima TNI.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar