Maju Prestasi dan Sejahtera Olahraga Riau

Forum Pelatih Riau Dideklarasikan

Di Baca : 4156 Kali
Forum Pelatih Riau Dideklarasikan di Pekanbaru Kamis 1 Oktober 2020. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Kontribusi atlet PPLP sangat besar dan dirasakan oleh KONI Riau. Sebanyak 227 orang atlet untuk persiapan PON, 74 persen dari atlet PPLP Riau. Riau tak akan pakai atlet luar lagi, harus paket atlet asli Riau.

"Masalah nutrisi atlet, segi anggaran 2016 dana kegiatan PPLP Rp38 miliar untuk persiapan UPT Pembibitan, kemudian turun jadi Rp20 miliar tahun berikutnya, 2019 anggaran nol rupiah, akhirnya berdirilah Forum Pelatih Provinsi Riau ini. Ada anggaran berubah, 2020 anggaran PPLP tinggal Rp8 miliar. Dan 2021 nanti tinggal Rp6 miliar. Makin turun terus. Itulah kenyataan sekarang yang ada," jelas Sartoni.

Menurut Sartoni dengan minimnya anggaran olahraga Riau diupayakan pengurangan atlet, cabor tak dikurangi. Sulit memang meningkatkan prestasi bila anggaran ini turun. Memang yang sulit ini anggaran makan atlet sulit ditingkatkan. Saat ini bersama pelatih menyusun anggaran untuk 2021. Mudah-mudahan forum pelatih ini bisa dikembangkan. Sudah banyak atlet PPLP yang jadi atlet Nasional. Cabor Tinju akan masuk anggaran APBN.

Sementara ditambahkan Pembina Forum Pelatih Riau Asrul SE Akt, MBA, MSc, MA dengan terbatasnya dana pembinaan olahraga PPLP, PPLM Riau, forum ini harus mencari terobosan untuk mendapatkan dana pendukung lainnya. Bisa dengan perusahaan melalui dana CSR perusahaan yang ada di Riau.

Asrul SE yang basicnya di Bank Indonesia Pekanbaru ini menganjurkan agar Riau fokus di cabor renang dan atletik Olympiade karena banyak medalinya di cabor itu. Ini belajar dari Amerika Serikat yang tak habis-habisnya atlet cabor atletik yang ada terus penggantinya dan ada terus pembinaannya.(azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar