SUDAH 10 TAHUN TAK KUNJUNG DIEKSEKUSI

Tim Ditjen Gakkum LHK Sidak 400 Ha Kebun Sawit Ilegal Hansen Wiliam

Di Baca : 1439 Kali
Tim Ditjen Gakkum LHK Wilayah Sumatera bersama DPP LSM Perisai Pekanbaru sidak dan verifikasi kebun sawit ilegal dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Minas, Riau yang semula ditanami toke Hansen Wiliam sudah disita untuk Negara (Departemen LHK RI) sejak 2011 lalu namun hingga 2021 ini tak juga kunjung dieksekusi. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Pembahasan terpusat masalah kebun sawit dalam kawasan hutan, dalam tiga tahun ke depan pasca dikeluarkannya Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11/2020 kebun sawit dalam kawasan hutan harus dituntaskan, artinya dikembalikan ke fungsi semula sebagai kawasan hutan.

Dari informasi yang dikumpulkan di lapangan banyak toke-toke sawit yang membuka kebun sawit dalam kawasan hutan. Mereka umumnya pemodal kuat, memanfaatkan masyarakat tempatan berkedok kelompok tani. Tapi rupiah atau dolar hasil panen mengalir untuk sang toke sawit.

Di Desa Mentulik Kampar ada ribuan hektare tersebut milik nama As, di Rohil juga ada, di Kecamatan Pinggir dalam kawasan SM Balai Raja juga ada, di Inhu juga ada, di Kecamatan Kemuning Inhil juga ada dan umumnya pemodal kuat.(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar